Senin 17 Apr 2023 12:47 WIB

Cara Keramas yang Benar Menurut Ahli Rambut, Masih Banyak yang Salah?

Anda harus memastikan sampo sampai ke akar rambut dan pijat kulit kepala.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang sedang keramas (ilustrasi). Ahli rambut memberikan cara keramas yang bernar.
Foto: www.freepik.com.
Seseorang sedang keramas (ilustrasi). Ahli rambut memberikan cara keramas yang bernar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar menyebut masih ada orang yang ternyata selama ini keramas dengan cara yang salah. Jika Anda melakukan rutinitas dengan sampo-kondisioner sederhana, kemungkinan kulit kepala Anda tidak cukup bersih secara efektif.

Pakar trikologi yang ahli atas perawatan dan masalah rambut dan kepala, Helen Reavey, mengatakan, perawatan kulit kepala sama halnya dengan perawatan kulit tubuh. “Anda harus selalu membersihkan kulit kepala dua atau tiga kali. Pencucian pertama untuk menghilangkan minyak, polusi, dan sisa produk. Sedangkan pencucian kedua dan ketiga benar-benar membersihkan kulit kepala,” kata Reavey dikutip dari laman Huff Post, Senin (17/4/2023).

Baca Juga

Jika secara teratur menggunakan produk pada rambut seperti wax, semprotan, dan minyak, Anda bisa segera berhenti menggunakannya. Sebab, itu semua dapat menyebabkan penumpukan residu di kulit kepala yang dapat menyumbat pori-pori dan mencegah pertumbuhan rambut yang sehat. Namun, meskipun tidak menggunakan produk tersebut, rambut Anda tetap akan terkena keringat, polusi, dan minyak alami.

Oleh karena itu, untuk perawatan, Anda hanya boleh melakukan tiga kali pencucian jika memiliki warna, toner, atau masker rambut yang signifikan. Jika tidak, Anda bisa menggunakan bilasan ganda.

Artinya, Anda menggunakan sampo dan membilasnya tiga kali. Namun, para ahli merekomendasikan untuk berhati-hati memijat kulit kepala. Selain itu, mereka juga meminta Anda memastikan telah membersihkan rambut secara menyeluruh dan menghilangkan semua residu di kulit kepala.

Secara umum, keramas secara berlebihan bisa merusak rambut seperti menyebabkan ketombe, rambut kering, dan kulit kepala gatal. Bagi kebanyakan orang yang memiliki rambut lurus, Anda bisa keramas dua hari sekali. Sementara orang dengan rambut keriting dapat keramas sepekan sekali.

Saat keramas, Anda bisa memastikan sampo sampai ke akar rambut dan pijat kulit kepala, terutama di belakang telinga dan tengkuk. Jika Anda memiliki rambut lurus, pastikan sampo mengenai hingga ujung rambut. Bagi orang dengan rambut tebal dan keriting, Anda mungkin akan lebih mudah menyikat rambut menjadi beberapa bagian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement