Senin 17 Apr 2023 11:34 WIB

Fakta Bima Yudho, Tiktoker yang Viral Setelah Ngritik Pemprov Lampung

Tiktoker Bima Yudho viral setelah membuat konten mengenai infrastruktur di Lampung.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tangkapan layar konten Tiktoker Bima Yudho Saputro tentang Provinsi Lampung.
Foto: Tiktok/@awbimaxreborn
Tangkapan layar konten Tiktoker Bima Yudho Saputro tentang Provinsi Lampung.

REPUBLIKAJAKARTA -- Tiktoker Bima Yudho Saputro mendadak menjadi sangat viral setelah mengkritik Pemerintah Lampung perihal permasalahan infrastruktur di sana. Keluarga Bima mendapat intimidasi akibat konten kritikan Bima. Banyak warganet mendukung aksi speak up Bima di media sosial (medsos).

Setelah kontroversi Bima terjadi, belakangan ini, tidak sedikit video yang menunjukkan perbaikan jalan di wilayah Lampung. Sejumlah warganet bahkan menyebutnya sebagai "Bima Effect".

Baca Juga

Sebenarnya, siapakah Bima? Berikut beberapa fakta yang dirangkum Republika.co.id, Senin (17/4/2023):  

1. Anak pegawai negeri sipil (PNS)

Bima pernah menyebut jika dirinya merupakan seorang anak dari ayah dengan status pegawai negeri sipil (PNS) dan ibu petani. Dalam beberapa videonya, Bima kerap menyebut nama orang tuanya dengan sebutan Sri dan Juli. Dia juga pernah mengaku orang tuanya rela menjual harta yang dimiliki untuk menyekolahkannya ke luar negeri. Namun Bima juga bekerja keras di Australia dengan kuliah sambil bekerja.

2. Pernah di-banned Tiktok

Akun Bima pernah beberapa kali di-banned Tiktok. Menurut Bima dalam salah satu videonya, kemungkinan itu dikarenakan beberapa pengguna yang melakukan report ke Tiktok. Bima juga menyebut tidak berkecil hati dan tinggal membuat akun-akun baru agar dirinya bisa tetap ngonten.

3. Kuliah sambil kerja di Australia

Selain kuliah, Bima juga kerap berbagi kegiatannya sehari-hari, termasuk bekerja untuk mencari uang. Bima pernah berjualan burger, dan yang terbaru, dia bekerja sebagai karyawan di IKEA.

Bima menyebut kalau kebutuhan hidupnya di luar negeri sangat tinggi sehingga ia juga harus banting tulang. Sebelumnya, ia pernah kuliah di Malaysia setelah beberapa kali batal masuk di perguruan tinggi negeri (PTN). Pada Maret 2023, Bima lulus dari Australian College of Business Intelligence (ACBI) dengan gelar Diploma Digital Marketing. Selanjutnya ia akan memilih kampus Macquarie University.

4. Membuat konten masak dan tips ke luar negeri

Selain kritikan, Bima sering mengunggah konten kegiatannya sehari-hari misalnya memasak, bekerja, jalan-jalan, hingga berbagi tips untuk pergi dan hidup di luar negeri. Bima juga dikenal sebagai Tiktoker yang kerap menanggapi isu-isu yang sedang viral di Tanah Air.

5. Punya ciri khas slogan "kena lo"

Tiktoker kelahiran 1999 ini dikenal dengan slogan "kena lo" di setiap kalimat yang diucapkannya. Slogan tersebut seakan sudah menjadi ciri khas Bima ketika membuat konten.

6. Punya teman bernama Bella

Bima pernah mengunggah konten bersama temannya bernama Bella. Di video lain, Bima juga pernah sesekali menyebut nama temannya tersebut. Misalnya, saat menjawab pertanyaan followers tentang uang. Bima pernah menyebut kalau dirinya banyak uang dan gabut, akan sering pelesiran sendiri ke luar negeri seperti temannya tersebut.

7. Agama Islam

Bima pernah berbagi cerita tentang kebiasaan Sholat Jumat di luar negeri. Dia juga pernah mengaku tersinggung kalau warganet terkesan mengintimidasi soal orientasi religi dan seksual. Menurut dia, tentu itu hal pribadi dam setiap orang perlu menghargainya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement