Kamis 02 Jul 2015 14:17 WIB

Studi: Punya Anak Bikin Ortu Gendut

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anaknya.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ibu dan anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah memiliki anak, beberapa orang tua justru bertambah berat badannya. Alasan di balik ini mungkin akan mengejutkan Anda. Tapi, beberapa studi menunjukkan bahwa menjadi orang tua mungkin membuat diri menjadi kurang langsing.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa orang tua, terutama sang ibu, cenderung untuk mendapatkan berat badan berlebih dari rekan-rekan mereka yang belum menikah.  

Selain itu, sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Medicine menemukan bahwa pada usia 55 tahun, orang tua mencapai berat rata-rata di zona obesitas (lebih dari 30). Sedangkan indeks massa tubuh rata-rata untuk orang-orang yang belum mempunyai anak hanya mencapai zona kelebihan berat badan (25-29) dengan usia itu.

Seperti yang dilansir dalam situs Market Watch, Jadi apakah mempunyai anak membuat orang tua menjadi gendut? Bisa jadi. Menjadi ayah atau ibu membuat waktu banyak tersita untuk anak. Olahraga pun terlupakan.

Satu hari penuh fokus mengurus anak-anak, orang tua bisa kesulitan melakukan hal-hal lain. Terkadang orang tua mengonsumsi makanan cepat saji sebagai pelarian dari waktu yang terbatas karena tak sempat mengolah dan memasak makanan terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement