Selasa 23 Jun 2015 13:13 WIB

Perut Kembung, Atasi dengan Makanan Ini

Rep: C38/ Red: Winda Destiana Putri
Atasi perut kembung dengan rutin konsumsi pepermint tea
Foto: Health
Atasi perut kembung dengan rutin konsumsi pepermint tea

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kembung tampaknya perkara sepele, tapi sangat mengganggu. Tidak sedikit orang memiliki masalah ini. Bahkan, kebanyakan dari mereka merasa terganggu bila kembung menghadang. Seketika mau melahap apapun menjadi terbatas.

Dilansir dari Oprah Selasa (23/6) berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk mengatasi kembung tersebut.

Peppermint Tea

Selain bermanfaat menurunkan berat badan, teh jenis ini juga dapat mengurangi perut kembung. "Peppermint tea dapat melemaskan otot-otot di saluran usus untuk meredakan ketidaknyamanan dan membantu mengeluarkan gas yang tertahan di usus," kata Elizabeth Blaney. Dalam sebuah penelitian tahun 2014 pada pasien IBS (Irritable bowel syndrome atau kejang usus), juga dikatakan bahwa kapsul minyak peppermint dapat mengatasi gejala IBS dan nyeri perut lebih baik.

Adas

Jika Anda pernah makan di sebuah restoran India, biasanya banyak ditawarkan mangkuk kecil biji adas setelah Anda makan. Menurut Heller, adas telah lama digunakan untuk membantu sistem pencernaan.  Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Food Sciences and Nutrition menunjukkan, adas dapat membantu meningkatkan enzim pencernaan dan membantu mengurangi reflux (aliran asam lambung membalik), perut kembung, dan bergas.

Yogurt

Kembung bisa jadi disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri perut. "Penelitian menunjukkan bahwa pergeseran jenis bakteri mungkin bisa membantu," kata Blaney. Peneliti di Jounal of Clinical Gastroenterology meneliti dua jenis bakteri strain, yaitu Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium lactis. Mereka menemukan bakteri tersebut dapat mengurangi perut kembung dalam waktu empat minggu. Carilah yogurt plain, lalu campur dengan buah atau madu agar lebih lezat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement