Selasa 23 Jun 2015 04:14 WIB

Wow, Yoga 20 Menit Bisa Tingkatkan Kecerdasan!

Rep: c 26/ Red: Indah Wulandari
Yoga. Ilustrasi
Foto: baltyra.com
Yoga. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Gerakan yoga yang dilakukan dalam  waktu 20 menit ternyata bisa mempengaruhi kecerdasan otak,

Dalam sebuah penelitian berhasil memperoleh hasil mengejutkan. Yoga selama satu sesi berkisar 20 menit ternyata secara signifikan dapat meningkatkan fungsi otak. Penelitian ini dilakukan kepada subyek mahasiswa.

Dalam studi tersebut, peserta melakukan tes kecepatan dan akurasi dalam memori dan penghambatan kontrol bekerja. Serta, dua langkah dari fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan untuk mempertahankan fokus dan menyimpan dan menggunakan informasi baru.

Di luar dugaan, hasilnya terbukti meningkat segera setelah mempraktekan yoga hanya dalam waktu 20 menit.

"Peserta yang dites hasilnya secara signifikan lebih baik setelah latihan yoga daripada latihan aerobik yang kuat untuk jumlah waktu yang sama," kata para peneliti di Universitas Illinois, New York, Amerika Serikat seperti dilansir dari Khaleej Times, Selasa (23/6).

Pengaruh yoga melibatkan perkembangan 20 menit dari gerakan duduk, berdiri dan postur telentang.  Termasuk gerakan kontraksi isometrik dan relaksasi kelompok otot yang berbeda dan diatur oleh pernapasan.

Sesi ini diakhiri dengan postur meditasi dan pernapasan dalam. Peserta juga menyelesaikan sesi latihan aerobik mana mereka berjalan atau berlari selama 20 menit.

Pemimpin penelitian Nettha Gothe dan rekan-rekannya terkejut melihat bahwa peserta menunjukkan perbaikan dan peningkatan pada tugas-tugas kognitif setelah latihan yoga daripada setelah sesi latihan aerobik. Namun, tidak menunjukkan perbaikan yang signifikan pada memori kerja dan skor kontrol penghambatan.

"Tampaknya dengan mengikuti latihan yoga, para peserta lebih mampu memfokuskan sumber daya pikiran, mengilah informasi lebih cepat dan juga akurat," jelas Gothe.

Peningkatan kesadaran diri dinilainya menjadi salah satu mekanisme yang mungkin berpengaruh. Selain itu, meditasi dan latihan pernapasan dikenal untuk mengurangi kecemasan dan stres, yang pada gilirannya dapat meningkatkan nilai pada beberapa tes kognitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement