Ahad 21 Jun 2015 13:05 WIB

Ilmuwan Ciptakan Desain Sepatu Hak Tinggi Antisakit

desain sepatu hak tinggi 'antisakit' buatan ilmuwan.
Foto: Image: Thesis Couture/sciencealert
desain sepatu hak tinggi 'antisakit' buatan ilmuwan.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapapun yang mengguanakan sepatu hak tinggi baik mereka yang terbiasa maupun tidak umumnya akan merasakan rasa sakit. Rasa sakit ini menyiksa sehingga pada umumnya wanita akan memiliki dua pilihan yakni tampil fashionable dengan sepatu hak tinggi tapi harus merasakan sakit, atau memilih sepatu lainnya.

Kini, astronot, insinyur dan ahli ortopedi bekerja sama membuat sepatu hak tinggi yang membuat para perempuan bisa mengenakan sepatu hak tiggi dengan nyaman. Dengan desain sepatu ini, perempuan tidak lagi harus memilih antara kenyamanan dan fashion. Mereka menyebut sepatu antisakit ini dengan 'stiletto'.

Menggunakan bahan baru dan teknik yang inovatif, para ilmuwan ini telah menemukan cara untuk menyebarkan tekanan lebih merata di seluuh kaki dan membantu mencegah kerusakan pada tumit. Tim merancang stiletto dengan desain yang dinamis dan memiliki jangkauan gerak hingga 180 derajat pada kaki manusia.

Dikutip dari laman Sciencealert, Dolly Singh, salah satu anggota tim tersebut mengatakan stiletto didesain senyaman wegdes sehingga meskipun ber-hak tinggi namun lebih nyaman digunakan dan tekanan lebih tersebar merata. Desain yang mereka buat termasuk penyangga plastik unik yang berfungsi sebagai tulang sepatu. Biasanya, penyangga ini terbuat dari baja. Namun dengan menggunakan resin plastik yang fleksibel dan ringan, 'hak' ini bisa menawarkan kekuatan pada sepatu dan memberikan dampak positif ketika sedang digunakan.

Dia mengakui stiletto ini tidak akan bisa senyaman sepatu flat, namun setidaknya stiletto bisa stabil sebagaimana parempuan menggunakan wedges. Jika pemakainya masih berdiri, tekanan berada pada jari-jari kaki mereka. Tapi ketika mereka berjalan, tekanan akan berada di tumit mereka. Tekanan ini lebih merata membagi beban dan mengurangi dampak sakit setiap langkah hingga 50 persen.

Di sekitar penyanga ini, tim menempatkna busa yang disebut termoplastik poliuretane. Busa ini menggantikan kardus yang biasanya digunakan dalam sepatu hak tinggi biasa. Desain ini juga diklaim membuat stiletto tampak lebih tinggi dari tinggi sebenarnya. Dengan tinggi hanya 7,6 cm atau 3 inchi, desain ini stiletto tampak seperti memiliki tinggi 10 cm atau 4 inchi. Dia berharap sepatu ini akan bisa siap dijual dalam waktu dua hingga tiga bulan lahi. Pada keluaran pertama, sepatu akan dijual terbatas dengan harga 925 dollar sepasang atau sekitar Rp 12 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement