Rabu 25 Oct 2023 22:32 WIB

Jangan Salah Pakai, Ini Kiat Pilih Sepatu yang Tepat

Memilih sepatu yang tepat juga akan menghadirkan kenyamanan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Memilih warna yang sesuai antara sepatu, pakaian, dan aksesoris adalah kunci untuk menciptakan penampilan yang serasi dan elegan.
Foto: www.freepik.com
Memilih warna yang sesuai antara sepatu, pakaian, dan aksesoris adalah kunci untuk menciptakan penampilan yang serasi dan elegan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Saat akan datang ke acara formal seperti pesta atau pernikahan, bersiap-siap dan berdandan mungkin merupakan salah satu momen penting yang sudah direncanakan sejak jauh hari. Selama proses ini, setiap detail diperhatikan dengan cermat, mulai dari menentukan makeup paling cocok, mencari baju yang sesuai dress code, hingga memilih aksesoris terbaik untuk melengkapi penampilan. 

Proses ini memang cukup menyita waktu, namun hasil akhir yang memuaskan dan meningkatkan rasa percaya diri membuat semuanya dilakukan dengan senang hati. 

Baca Juga

Meskipun makeup dan pakaian sering kali menjadi fokus utama saat sedang bersiap-siap, aksesoris khususnya sepatu ternyata tidak kalah penting, lho! Bukan hanya berfungsi untuk menambah nilai estetika dan melengkapi penampilan, memilih sepatu yang tepat juga akan menghadirkan kenyamanan selama acara berlangsung.

Bagi kamu yang ingin melengkapi koleksi sepatu dari merek lokal, khususnya untuk menciptakan penampilan terbaik saat pergi ke acara formal, yuk simak tips dari Shopee berikut ini. 

 

1. Sesuaikan warna sepatu dengan baju dan aksesoris.

Memilih warna yang sesuai antara sepatu, pakaian, dan aksesoris adalah kunci untuk menciptakan penampilan yang serasi dan elegan. Warna-warna klasik seperti hitam atau krem sering menjadi pilihan aman karena dapat dengan mudah dipadukan dengan berbagai warna pakaian. Namun, jika baju yang kamu kenakan sudah berwarna netral dan memiliki model yang simple, kamu dapat menggunakan sepatu dengan warna yang lebih mencolok sebagai statement piece selama warna yang kamu pilih masih senada dengan aksesoris lainnya agar tetap memberikan kesan penampilan yang terkoordinasi dengan baik.

 

2. Pilih model yang klasik dan tak lekang waktu.

Seiring berkembangnya tren, semakin banyak pula sepatu dengan berbagai model dan warna unik yang seringkali menarik untuk dibeli, terutama ketika kamu memilih sepatu untuk acara formal. Namun, jika masih memiliki koleksi sepatu yang terbatas, akan lebih baik jika kamu memilih sepatu dengan model klasik dan abadi yang akan lebih sering dipakai karena cocok untuk berbagai acara, baik formal maupun semiformal.

Beberapa contoh sepatu dengan model yang tidak pernah lekang oleh waktu adalah stiletto dan slingback heels. Selain itu, jangan sampai lupa untuk perhatikan juga bentuk kakimu, ya! Jika kamu memiliki bentuk kaki yang cenderung lebar, sebaiknya hindari sepatu dengan model pointed toe yang memiliki ujung mengerucut dan lebih sempit karena dapat membuat kamu merasa tidak nyaman jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

 

3. Jangan lupa untuk pertimbangkan bahan dan kualitas. 

Setelah memilih model dan warna, hal yang tidak kalah penting untuk kamu pertimbangkan adalah bahan dan tentunya kualitas sepatu agar lebih tahan lama. Ada banyak sekali bahan yang bisa kamu pilih seperti kulit yang memiliki daya tarik universal karena memberikan kesan elegan dan kilau alami yang dapat menambah kemewahan pada penampilanmu. Selain itu bahan suede dan satin dengan tekstur yang unik dan cenderung lebih kasual daripada bahan kulit polos juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena cocok untuk acara formal maupun semi-formal. 

 

4. Tetap utamakan kenyamanan.

Meskipun sepatu untuk acara formal identik dengan model heels, tidak ada salahnya jika kamu lebih nyaman menggunakan flat shoes. Saat ini berbagai merek lokal juga sudah banyak yang mengeluarkan model flat shoes yang menarik dan dilengkapi dengan aksen mewah sehingga tetap terlihat elegan dan berbeda dari sepatu yang kamu pakai sehari-hari. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement