Senin 15 Jun 2015 12:01 WIB

Singkirkan Iri, Kunci Hidup Lebih Bersemangat

Rep: C13/ Red: Indira Rezkisari
Pertahankan semangat dan kegigihan dengan sikap positif dan bahagia.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pertahankan semangat dan kegigihan dengan sikap positif dan bahagia.

REPUBLIKA.CO.ID, Di dunia ini ada beberapa orang yang memiliki sikap yang tidak patut untuk diteladani. Misalnya, orang-orang yang tidak memiliki keinginan dan rasa semangat yang kuat. Mereka selalu merasa tidak bahagia, tidak berhasil dalam meperoleh sesuatu, dan merasa tidak bisa mencapai apa-apa dalam hidup.

Jika hal tersebut terdengar akrab, maka Anda harus tahu bahwa Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang kurang kemauan. Ini bukan takdir, itu sebenarnya pilihan Anda.

Sikap tersebut menandakan bahwa Anda tidak percaya pada diri sendiri dan kemampuan yang Anda miliki. Karena itu, Anda lebih mudah untuk mengatakan ‘Aku tidak bisa melakukannya’. Padahal, semua orang termasuk Anda dapat melakukan segala sesuatu yang manusia dapat lakukan.

Jika Anda ingin, Anda dapat menemukan kemauan dan semangat yang kuat dalam mencapai proyek besar, dan mencapai tujuan apapun. Menurut American Psychological Association (APA), kemauan merupakan kemampuan untuk menahan godaan jangka pendek demi memenuhi tujuan jangka panjang. Artinya, jika Anda ingin mengecilkan pinggang Anda, Anda harus menahan godaan makanan yang berkalori tinggi demi mencapai tujuan penurunan berat badan Anda.

Seperti yang dikutip laman Womanitely, Senin (15/6), kita perlu memegang rasa kemauan dan semangat yang kuat untuk hidup bahagia. Jika Anda berpikir Anda tidak memiliki hal tersebut untuk mencapai tujuan Anda, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Singkirkan iri dan dengki

Orang-orang yang kurang percaya diri, semangat dan kemauan, cenderung cemburu dan iri terhadap hal yang dimiliki orang lain. Maka dari itu, cobalah singkirkan rasa iri dan dengki untuk menemukan lebih banyak kemauan dan rasa semangat untuk hidup Anda sendiri.

Studi menunjukkan bahwa iri dan dengki bisa merusak kehidupan orang yang paling sukses. Perasaan ini mencegah Anda dari produktif, bahagia, dan percaya diri. Iri dan dengki juga dapat menyebabkan sejumlah penyakit, termasuk kecemasan dan depresi.

Berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain

Hanya karena teman Anda memiliki lebih kemauan dan semangat untuk melakukan sesuatu tidak berarti bahwa dia lebih baik atau lebih kuat dari Anda. Percayalah, Anda mungkin memiliki lebih dari dia. Anda hanya perlu menemukan kemauan dan rasa semangat itu. Tidak apa-apa untuk menemukan model peran dan menyalin beberapa sifat mereka, tapi tidak hidup orang lain. Jadilah diri sendiri, banggalah dan cintailah diri Anda sendiri.

Mengurangi tingkat stres

Sebagian besar dari Anda tahu tentang kelemahan dari stres dan efek negatif terhadap kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Satu-satunya hal yang perlu diletahui bahwa penting untuk menjaga tingkat stres Anda di bawah kontrol.

Tidak apa-apa untuk merasa stres setiap waktu, tetapi jika Anda harus berurusan dengan stres setiap hari, Anda harus belajar bagaimana untuk melawannya. Maka dari itu, cobalah berjalan-jalan, bernapas dalam-dalam dan menikmati alam. Ini salah satu cara paling efektif untuk mengurangi tingkat stres Anda.

Baca buku motivasi

Anda harus percaya pada kekuatan buku bacaan. Buku membantu kita merasa lebih baik, dan hidup lebih baik. Buku dapat membantu kita melarikan diri dari kenyataan untuk sementara waktu. Anda dapat menemukan solusi untuk masalah Anda dalam buku-buku juga.

Membaca beberapa halaman dari sebuah buku motivasi setiap hari bisa meningkatkan kemauan dan semangat Anda serta meningkatkan kehidupan Anda. Namun, Anda perlu menghindari membaca secara online.

Jika Anda tidak suka membaca atau jika Anda tidak bisa membaca di rumah, Anda bisa membuat kebiasaan pergi ke perpustakaan terdekat setiap hari untuk membaca buku favorit Anda. Tidak ada yang akan mengganggu Anda. Perpustakaan merupakan pilihan terbaik karena tempat itu tidak memiliki gangguan.

Isi hati Anda dengan kasih

Jika Anda tidak memiliki pasangan, itu tidak berarti bahwa Anda tidak mencintai siapa pun. Karena, Anda masih suka banyak orang dan hal-hal lainnya.

Tuliskan daftar orang-orang dan hal-hal yang Anda cintai dalam hidup dan Anda. Ini akan melihat bahwa hidup Anda penuh kasih, hanya saja Anda tidak pernah menyadarinya. Misalnya, cinta kepada orang tua, teman, hewan, alam, negara, kota, pekerjaan, dan sebagainya. Isilah hatimu dengan cinta dan itu akan membantu Anda mengatasi hambatan, tantangan dan kesulitan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement