Rabu 10 Jun 2015 10:48 WIB

Hindari Penggunaan Cincin Gigi Tumbuh pada Bayi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Gigi bayi
Foto: lifestylehealths.com
Gigi bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Ada bayi yang jadi rewel ketika giginya tumbuh sehingga ibu merangsangnya dengan alat yang disebut cincin gigi tumbuh, biasanya berbentuk lingkaran yang terbuat dari plastik atau karet. Peneliti juga penulis 'The Kind Mama,' Alicia Silverstone menyarankan untuk menghindari penggunaan alat ini.

"Beberapa cincin tumbuh gigi berbahan plastik mengandung bahan kimia endokrin yang mengganggu hormon anak," kata Silverstone, dilansir dari Rodale News, Rabu (10/6).

Menurut Silverstone, ibu-ibu sebaiknya mempraktikkan beberapa tips berikut supaya transisi anak ketika gigi pertama, kedua, hingga gigi ke-20 tumbuh berjalan lebih lembut. Pertama, terus menjaga makanan bayi agar tetap bersih dan bergizi. Ini bisa dimulai ketika usia 5-9 bulan hingga semua gigi muncul.

Kedua, menyusui adalah obat terbaik jika anak merasakan tidak nyaman pada giginya. Jika bayi merasakan giginya sakit, maka lihat apa yang dia makan. Sebaiknya hindari makanan-makanan mengandung gula. "Lebih baik sajikan bayi Anda jus wortel, amasake, atau beberapa jenis buah yang sudah dimasak," kata Silverstone.

Silverstone lebih merekomendasikan ibu untuk menggosok gusi bayinya dengan jari atau kain lembut untuk mengurangi rasa sakit. Ibu juga bisa menggunakan waslap yang sudah direndam dengan air es dan mengusapkannya ke bagian gigi bayi yang sakit. "Sensasi dinginnya akan menyenangkan dan mengurangi rasa sakit," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement