Selasa 27 Jan 2015 16:04 WIB

Mengatasi Rasa Sakit Bayi Tumbuh Gigi

Bayi tumbuh gigi
Foto: flickr
Bayi tumbuh gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Gigi pertama bayi merupakan tonggak penting dalam tumbuh kembangnya. Tumbuh gigi pada sebagian anak-anak tidak menimbulkan rasa sakit. Namun dalam beberapa kasus ada anak yang mengalami kesakitan dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tapi sebelum Anda menyangka tangisan bayi adalah karena tumbuh gigi, pastikan tidak ada masalah lain. Di bawah ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit akibat tumbuh gigi, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Kunyah

Beri mereka sesuatu yang bisa dimasukkan ke mulut (seperti kain basah atau teether). Mengunyah biskuit juga dapat menurunkan iritasi pada gusi bayi.

Pijat gusi

Pijat gusi bayi menggunakan tangan untuk mengurangi rasa sakit. Risikonya tangan Anda mungkin akan digigit.

Obat

Jika bayi menangis tanpa henti, Anda dapat memberi mereka obat seperti acetaminophen atau ibuprofen. Tapi sebelum memberikan obat tersebut konsultasikan dengan dokter.

Jel pereda nyeri

Anda mungkin bisa mengoleskan teething gel atau teething tablet (tapi kebanyakan dokter anak tidak merekomendasikannya). Jadi, lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat terbaik mengatasi sakit gigi anak.

Anda harus berdiskusi dengan dokter jika anak Anda menangis berlebihan. Mungkin ada gejala lain yang si kecil rasakan selain tumbuh gigi. Karena jika Anda salah menganalisa tangisan bayi, anak Anda mungkin mengalami masalah serius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement