Kamis 28 May 2015 23:59 WIB

Ini Alasan Makanan di Pesawat Kurang Enak

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Makanan di dalam pesawat (Ilustrasi)
Foto: BBC
Makanan di dalam pesawat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda seorang yang suka berpergian menggunakan pesawat terbang, sering kali menemukan makanan dengan rasa yang tidak begitu menggugah selera.

Terkadang makanan di pesawat terbang begitu hambar dan terasa begitu aneh. Tapi jangan salahkan maskapai penerbangan yang menyajikan makanan tidak enak pada penumpang. Sebab indera penciuman Anda berkurang pada ketinggian 30.000 kaki.

Anda berpikir bahwa makanan hanya dirasa melalui indra pengecap, padahal penelitian mengemukakan bahwa bau sangat memengaruhi cita rasa makanan yang dikonsumsi.

Menurut Russ Brown, direktur In-flight Dining &Retail American Arlines "Rasa adalah kombinasi dari keduanya, dan presepsi kita tentang rasa asin dan manis menurun ketika di dalam kabin bertekanan," dilansir dari BBC, Kamis (28/5).

Diktakan lebih lanjut, sehingga segala sesuatu yang terjadi dalam penerbangan sangat berpengaruh pada selera makan yang ditimbulkan oleh tubuh Anda.

"Makanan dan minuman benar-benar berasa berbeda di udara dibandingkan dengan di tanah," ujar Charles Spence, profesor psikologi eksperimental Universitas Oxford. Menurutnya hal ini disebabkan karena kurangnya kelembaban, tekanan udara rendah, serta kebisingan dari suara di kabin.

Jadi jika Anda mencoba makanan di pesawat terbang saat di daratan, maka akan terasa perbedaan yang signifikan dari makanan yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement