Rabu 20 May 2015 07:15 WIB

Menjadi Vegetarian? Ini Panduannya

Rep: C30/ Red: Winda Destiana Putri
Vegetarian wanita (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Vegetarian wanita (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda ingin hidup sehat dan ingin hidup lebih lama, maka sayangi tubuh Anda dengan tidak menjadi pengkonsumsi akut daging.

Mungkin akan sedikit sulit menjadi seorang vegeratian bagi pemula, tapi saat Anda yakin, Anda dapat melakukannya sekarang.

Dilansir dari laman Womanitely Selasa (19/5) cara sukses dan sehat menjadi vegetarian adalah mengikuti beberapa tips ini.

Pertama, luangkan lebih banyak waktu dengan hewan. Saat Anda menjalin hubungan dekat dengan hewan, maka Anda tidak akan tega melihat betapa tulusnya mata-mata itu bermain dengan Anda, mata yang menatap tak bersalah. Hal yang terjadi pada Anda, Anda akan berpikir ulang untuk memakan daging mereka.

Saat orang berpikir hewan adalah mahluk yang buas, justru manusialah makhluk yang tega dan kejam juga egois. Hewan yang tidak bersalah, justru sebagian dari mereka banyak yang tidak bisa melindungi diri-sendiri dari ancaman manusia. Maka, jika Anda menyayangi mereka, menjadi vegetarian adalah cara aman untuk melindungi mereka.

Kedua, secara bertahap mengurangi konsumsi daging. Mustahil dalam satu malam Anda menjadi vegetarian, meskipun niat Anda kuat dan sungguh-sungguh. Bagi Anda yang memakan daging setiap hari, mulailah membuat jadwal makan daging secara ketat dan penuh kerja keras. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke ahli gizi, menanyakan bagaimana cara mengubah pola kebiasaan makan Anda secara bertahap agar tidak mengganggu kesehatan.

Tahapannya adalah mulailah perlahan-lahan mengurangi konsumsi daging, termasuk ikan dan ayam. Memakan daging satu minggu sekali, kemudian setelah sukses lanjut dengan dua minggu sekali memakan daging. Saat berhasil lagi, mulai dengan tidak memakan daging dalam beberapa minggu. Hal ini dapat Anda lakukan terus menerus secara bertahap, sehingga tidak berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Ketiga, berani mencoba rasa baru. Jangan salah, hidangan nabati juga lezat, Anda hanya perlu menemukan bahan-bahan yang menarik untuk menemukan rasa unik dan mengejutkan dari bahan-bahan yang Anda olah. Jadi, saat Anda berbelanja ke toko, supermarket, maupun pasar pilihlah bahan-bahan pengganti daging kemudian Anda bisa meraciknya sendiri menjadi hidangan nabati yang lezat. Meskipun masih banyak pendapat mengatakan menjadi seorang vegetarian itu mahal, pembelanja cerdas, tahu bahwa itu tidak benar.

Keempat, dapatkan buku masak vegetarian. Jika Anda masih baru untuk menjadi seorang vegetarian, ada baiknya Anda memiliki buku resep masakan vegetarian. Hal ini mempermudah Anda maracik bahan-bahan untuk menciptakan hidangan nabati yang lezat. Semakin banyak Anda mengoleksi buku masak vegetarian, semakin banyak juga Anda berlatih, maka Anda akan banyak menghidangkan masakan nabati yang lezat. Dan saat Anda telah menguasai semua teknik dalam buku masak vegetarian tersebut, Anda akan tertantang menciptakan eksperimen-eksperimen baru untuk menemukan masakan nabati lezat ala Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement