Rabu 20 May 2015 06:03 WIB

Sake Berkhasiat Bagi Kesehatan dan Kecantikan Lho

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Sake Traditional Jepang
Foto: Rocketnews24
Sake Traditional Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Sake adalah minuman tradisional khas Jepang yang berasal dari fermentasi beras. Walaupun sebagai minuman beralkohol, nyatanya sake memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Para peneliti dari sebuah universitas di Jepang menguji khasiat sake dan menemukan sejumlah manfaat penting dari minuman tersebut untuk kecantikan. Perusahaan permen Jepang Morinaga baru-baru ini berkolaborasi dengan Universitas Teknik Tokyo mempelajari efek positif dari sake bagi peminumnya.

Seperti dilansir dari Rocketnews24, Rabu (19/5) penelitian ini melibatkan 17 peserta perempuan berusia 40-60 tahun. Mereka mengkonsumsi sake setiap pagi dan sore selama sebulan. Hasil dari penelitian menunjukkan sake bermanfat bagi kesehatan dan kecantikan.

Mereka mengaku kulit menjadi lebih halus, pencernaan lancar, lingkaran hitam sekeliling mata juga berkurang. Tak hanya itu sake juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan rambut yang menjadikan lebih mengkilap. Mereka juga mengaku merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

Walaupun dikenal sebagai minuman beralkohol nyatanya kadar alkoholnya sangat sedikit yakni kurang dari satu persen. Minuman ini dibuat dari sisa-sisa fermentasi dari beras seperti memfermentasikan miso dan kecap. Namun sangat lezat dan manis untuk disajikan secara dingin saat musim panas begitu juga sebaliknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement