Selasa 19 May 2015 16:16 WIB

Underwear Terlalu Ketat Sebabkan 'Dark Shadows'?

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Obesitas (Ilustrasi)
Foto: Health
Obesitas (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita masa kini dituntut untuk selalu sempurna di setiap kesempatan. Selain itu wanita modern juga ingin lebih bebas berekpresi dalam penampilan, termasuk dalam berpakaian.

Hanya saja terkadang wanita bertemu dengan area hitam di beberapa titik tubuh. Area kulit yang menghitam lebih dikenal dengan sebuatan dark shadows. Biasanya dark shadow muncul pada bagian-bagian tubuh yang terlipat, seperti ketiak, bokong, leher, siku tangan dan kaki, hingga daerah seputar Miss V.

Penyebab munculnya dark shadows bisanya dikarenakan obesitas atau kelebihan berat badan, biasanya untuk mengukur berat badan dengan menghitung indek berat badan. Untuk indeks berat badan normal orang Indonesia berada di kisaran 25.

"Biasanya obesitas yang menjadi sebab utama masalah ini," ujar dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp. KK pada acara talkshow 'You are Perfect' di Midori Japaness Restoran, belum lama ini.

Dikatakannya lebih lanjut, selain karena obesitas, dark shadows juga muncul dengan adanya tekanan atau gesekan yang berlebihan pada kulit. Seperti yang terjadi di area Miss V yang menghitam karena penggunaan underwear yang terlalu ketat atau justru tidak bisa menyerap keringat dengan baik.

Penyebab lainnya bisa juga karena hormon yang tidak seimbang dalam tubuh, seperti ketika kehamilan pada ibu atau penggunaan obat-obatan yang menimbulkan efek atau bahkan tidak cocok dikonsumsi tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement