Selasa 19 May 2015 06:21 WIB

Roti Bakar Alpukat, Ide Sarapan Sehat dan Praktis

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Oleskan alpukat di atas roti bakar gandum sebagai pengganti mentega atau mayones.
Foto: fotolia
Oleskan alpukat di atas roti bakar gandum sebagai pengganti mentega atau mayones.

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang menyukai ide mengonsumsi makanan sehat di pagi hari. Tapi mengucapkan lebih mudah dibanding realisasinya. Sebelum Anda makan donut yang banyak mengandung gula, kopi latte dengan krim, atau tidak sarapan sama sekali, ingatlah sarapan itu sangat penting untuk kesehatan. Karena itu, Anda harus memilih bahan-bahan makanan sehat untuk sarapan.

Puding biji chia

Seperti oatmeal yang sudah dibuat di malam hari dan disimpan dikulkas, puding biji chia juga mudah dibuat dan simpan di dalam kulkas sesudahnya. Dikutip dari Allwomenstalk, kombinasi sederhana, gabungkan biji chia dengan beberapa pengganti susu dan tempatkan di dalam kulkas untuk dikonsumsi di pagi hari. Untuk sarapan, tambahkan buah segar seperti stroberi, blueberry, ceri, atau buah apapun yang Anda miliki.

Roti bakar gandum utuh

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk mengonsumsi roti gandum yang bebas gluten. Roti bakar yang cepat dan sehat membuat sebagian dari Anda mempertimbangkan kembali sarapan dengan sepotong roti. Roti gandum bakar pasti bisa menjadi bagian dari sarapan yang sehat. Pilihlah merek roti yang secara keseluruhan mengandung 100 persen gandum dan setidaknya memiliki 3 gram serat. Sebagai pengganti mentega atau krim keju lapisi bagian atas roti dengan selai kacang, alpukat atau sumber lain dari lemak sehat.

 

Kacang dengan buah

Salah satu sarapan yang mudah adalah kacang dan buah. Makan sesuatu yang sederhana seperti apel dengan segenggam kacang almond atau kacang apapun yang Anda miliki untuk dikonsumsi pagi hari. Dengan begitu, sarapan yang dapat dimakan di dalam mobil, ketika Anda sedang menunggu bus atau kereta api, bahkan di meja kerja Anda di pagi hari.

 

Sandwich dengan daging

Selain roti bakar, kacang dan buah, pilihan sarapan cepat lainnya adalah sandwich dengan campuran keju dan daging. Atau campurkan dengan bahan makanan sisa yang ada di dalam kulkas.

Sarapan dapat sederhana, cepat dan sehat. Tidak ada alasan untuk menyerah tidak sarapan atau justru membeli sarapan diluar atau makan sarapan yang tidak sehat dan hanya makan camilan tak sehat. Cobalah trik menu sederhana yang cepat dan mudah disajikan ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement