Selasa 12 May 2015 19:34 WIB

Indonesia Masih Kalah Saing dalam Menarik Wisatawan Muslim

Wisatawan Muslim
Wisatawan Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dikenal sebagai negara dengan penduduk Muslimnya, dalam hal menarik perhatian wisatawan Muslim Indonesia masih kalah saing dengan negara tetangga.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya bahwa berdasarkan data, kunjungan wisatawan Muslim yang datang ke Indonesia masih 20 persen dibandingkan dengan Thailand 25 persen dan Malaysia juga 25 persen.

"Contohnya saja wisatawan Timur Tengah datang ke Indonesia sekitar 150 ribu. Sedangkan Malaysia dikunjungi 300 ribu," katanya dalam pembukaan FGD Halal Tourism & Lifestyle 2015, Jakarta Convention Center, Senayan, Selasa (12/5).

Ditambahkan oleh Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah, Sapta Nirwandar wisata halal di Indonesia masih jauh tertinggal. "Di Thailand sudah banyak restoran yang menyajikan halal food. Bahkan mereka memampang gambar cara memotong hewan sesuai dengan ajaran Islam. Hal ini memperkuat wisatawan untuk makan disana dengan aman tanpa khawatir kehalalan dari makanan yang disajikan," katanya.

Tak hanya itu, seluruh dunia saat ini masih menggunakan patokan standar makanan halal dari Malaysia dan sudah diakui ketimbang dari Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement