Jumat 24 Apr 2015 17:17 WIB

Trik 12 Minggu Menuju Keluarga Sehat (3)

Bersama keluarga
Foto: News
Bersama keluarga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dapatkah Anda dan keluarga Anda menjadi lebih bugar, sehat, dan bahagia hanya dalam tiga bulan? Ini adalah pertanyaan yang kami ajukan kepada para dokter dari American Academy of Family Physicians (AAFP), kelompok yang terdiri dari 97.600 dokter dan mahasiwa kedokteran yang mengabdikan diri untuk perawatan medis primer.

Jawabannya adalah ya berulang-ulang, dan dengan bantuan mereka, kami mengenali langkah sederhana yang perlu dilakukan untuk membantu setiap orang di rumah untuk menumbuhkan kebiasaan yang lebih baik. Si kecil belajar dengan melihat Anda, lagipula pendekatan seluruh keluarga adalah kuncinya. Oleh Gail O’Connor dikutip dari www.parentsindonesia.com.

 

Bagaimana Rencananya Berjalan

Setiap minggu, Anda bertujuan membuat perubahan kecil dalam hal kebugaran, nutrisi, kesehatan, dan kebahagiaan. Beberapa hal akan berlaku hanya pada Anda dan pasangan, tapi sebagian besar juga akan melibatkan anak. Tujuan empat minggu pertama adalah sebagai berikut, dan kita akan punya tujuan lainnya dalam dua edisi ke depan, sehingga semuanya total 12 minggu. Langkah kecil berikut akan membantu Anda lebih bersemangat, memutuskan konsumsi makanan yang lebih cerdas, dan menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam hidup Anda yang sibuk. Anda bisa mulai sekarang juga, tapi bagusnya program ini adalah tidak ada waktu yang “salah” untuk mulai melakukannya. Siap? Lakukan!

Minggu 3

Rencanakan Aktivitas Gerak Bersama Keluarga

Daripada memikirkan tentang betapa Anda semua perlu berolahraga, tanyakan kepada diri sendiri apa yang bisa dilakukan untuk bersenang-senang saat beraktivitas. Keputusan ini adalah titik balik bagi banyak keluarga: “Kami akan menjadi keluarga aktif dan mencari cara untuk berjalan kaki, bersepeda, berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah atau ke taman bermain,” ujar Dr. Pasternak. Buatlah daftar aktivitas yang bisa dinikmati keluarga–mengayuh perahu, bermain ice skating, mengunjungi museum dimana anak bisa berpartisipasi dan lakukan salah satu kegiatan tersebut paling tidak seminggu sekali.

 

Menghitung Sajian Buah dan Sayur

“Jika sajian tersebut kurang dari 10 kali sehari, berarti Anda kurang mengonsumsinya,” kata Dr. Melton, yang mencatat bahwa kentang tidak masuk dalam hitungan keseluruhan Anda. (Maaf!) Tidak juga minuman sari buah dan punch, walaupun 170 gram dari 100 persen jus buah sama dengan sekali penyajian. Sepuluh kali sajian mungkin terdengar sangat banyak, tapi jangan dulu terintimidasi. Satu kali penyajian setara dengan misalnya setengah cangkir sayuran mentah atau matang, secangkir tanaman hijau berdaun, seperempat cangkir buah kering, atau satu potong buah segar ukuran sedang.

 

Hemat Pengeluaran Kesehatan

Gunakan program diskon toko-toko untuk menghemat banyak uang untuk obat-obatan yang dijual bebas dan produk lainnya yang terkait dengan kesehatan. Atau cari tahulah apakah perusahaan Anda akan menebus biaya keanggotaan pusat kebugaran atau pelatihan olah tubuh, beberapa perusahaan bahkan mulai memberikan insentif dalam bentuk uang untuk bersepeda ke kantor.

 

Cek Mood Keluarga

Setiap orang merasa khawatir pada saat-saat tertentu. Tapi jika ini lebih dari sekadar fase stres biasa, jika Anda, suami, atau anak merasa sedih, berat badannya berkurang atau bertambah, atau mengalami beberapa tanda klasik depresi selama dua minggu atau lebih hubungi dokter. Jangan terlalu gengsi untuk meminta bantuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement