Ahad 19 Apr 2015 06:34 WIB

Kuliner Jalanan Asli Asia yang Patut Dicoba

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Mohinga
Foto: Huffingtonpost
Mohinga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencicipi makanan lezat yang khas memang menjadi kegiatan wajib saat kita berkunjung ke suatu negara.

Bukan hanya makanan di restoran-restoran mewah yang lezat. Masakan warung pinggir jalan juga menjadi referensi makanan baru yang harus dicoba.

Selain murah, rasanya jajanan pinggir jalan juga tak kalah lezat. Kita dapat menemukan dengan mudah warung pinggir jalan di kota-kota yang ada di seluruh Asia serta menawarkan jajanan lezat dan nikmat.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost, Ahad (19/4) berikut makanan jajanan dari beberapa negara Asia yang paling lezat.

Tteokbokki - Korea Selatan

Makanan ini sangat identik dengan Korea. Masakan Korea biasanya sangat beragam dan berkualitas dengan harga murah untuk porsi besar. Tteokbokki adalah kue beras berbentuk tabung dan kue ikan dengan saus cabai merah manis. Camilan ini sangat enak untuk melengkapi bibimbap, barbeque, atau samgyatang.

Mohinga - Yangon, Myanmar

Beberapa tahun belakangan Myanmar mulai mengembangkan industri pariwisata. Di Yangon, Anda dengan mudah menemukan warung-warung pinggir jalan yang menjual Mohinga. Mohinga adalah mie dengan nasi yang dicampur sup ikan. Bahan utamanya adalah tepung kacang panjang atau beras panggang, bawang putih, bawang merah, serai, batang pohon pisang, jahe, pasta ikan, kecap ikan. Semua dilengkapi dengan bawang goreng, ketumbar dan daun bawang.

Char Kway Teow - Penang, Malaysia

Gerobak makanan banyak tersedia di Penang pada malam hari. Laksa, telur dadar goreng tiram, mie, kari, dan sebagainya. Char Kway Teow ini merupakan hidangan mie khas Penang yang digoreng menggunakan udang, kerang, tauge, daun bawang, telur. Bahan tersebut terkadang dicampur kecap, dan sambal terasi.

Ramen - Fukuoka, Jepang

Makanan yang sudah terkenal ini memang sangat lezat yang disajikan cepat dan murah di berbagai toko dan warung jajanan. Masakan mie asal Jepang ini sangat tepat dimakan di kala udara dingin.

Puri dan Channa Masala - India

Puri adalah panganan dari tepung gandum yang sangat cocok untuk menu sarapan seperti roti. Selain itu cara makannya sangat nikmat jika dipasangkan dengan channa masala, makanan khas India bagian utara yang dibuat dari kacang arab (chickpea). Rasanya pedas, berbumbu dan sedikit beraroma jeruk.

Hainanese Chicken Rice - Singapura

Meskipun memiliki banyak restoran mewah yang menyajikan banyak makanan mahal yang lezat, ada jajanan murah Singapura yang tidak boleh terlewatkan. Nasi ayam Hainanese adalah nasi ayam yang sangat beraroma dengan bumbu nikmat. Dicampur ayam rebus atau panggang disertai dengan nasi gurih dan semangkuk kaldu.

Mie pangsit - Hong Kong

Hong Kong tidak memiliki banyak budaya jajanan seperti dulu. Walaupun begitu masih ada beberapa jajanan jalanan yang masih tetap bertahan, salah satunya mie pangsit.  Hidangan ini biasanya disajikan dalam kaldu panas, hiasi dengan sayuran dan tentunya pangsit. Umumnya di Hongkong menggunakan pangsit udang, namun ada juga beberapa yang mengandung daging babi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement