Ahad 12 Apr 2015 18:04 WIB

Tingkatkan Energi Tubuh dengan Makanan Ini

Rep: MGROL 32/ Red: Indira Rezkisari
Bayam
Foto: Allwomenstalk
Bayam

REPUBLIKA.CO.ID, Energi merupakan salah satu hasil metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Energi berfungsi sebagai zat tenaga untuk metabolisme, pertumbuhan, pengaturan suhu dan kegiatan fisik. Kelebihan energi disimpan dalam bentuk glikogen sebagai cadangan energi jangka pendek dan dalam bentuk lemak sebagai cadangan jangka panjang.

Berikut makanan yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh yang dilansir dari Dailymail, Ahad (12/4).

Kacang-kacangan

Makanan yang satu ini dilengkapi dengan dorongan energi yang tinggi dan kaya nutrisi dan bebas dari segala bentuk pengolahan. Lebih baik lagi jika dimakan mentah. MUngkin Anda dapat merendamnya semalaman agar kacang berkecambah, karena saat itulah kacang memiliki nilai gizi yang baik dan lebih mudah dicerna.

Yogurt

Mungkin Anda dapat menambahkan yogurt susu kambing alami setiap sarapan karena memiliki kandungan kalsium dan probiotik yang tinggi. Probiotik merupakan bakteri yang ditemukan dalam yogurt yang dapat membantu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik ini juga membantu menjaga usus untuk tetap sehat dan melancarkan

pencernaan.

Salmon

Ikan air tawar ini mengandung nutrisi paling tinggi yang membantu tubuh untuk mendapatkan energi. Salmon dikenal memiliki asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol, dan mengurangi potensi jantung. Selain itu, ikan ini pun kaya akan protein, vitamin B6, niasin, dan riboflavin.

Jamur

Semangkuk jamur menyediakan hampir 50 persen dari kebutuhan besi harian Anda yang sangat penting mengangkut oksigen dalam aliran darah agar organ tubuh tidak mudah lelah dan lesu. Selain itu, mengonsumsi jamur akan meningkatkan zat besi tubuh Anda sehingga organ tubuh dapat berfungsi secara efektif.

Bayam

Sayur hijau yang satu ini memiliki kandungan zat besi tinggi, magnesium, dan kalium. Magnesium memiliki peranan yang sangat penting dalam memproduksi energi dan kalium yang memungkinkan pencernaan yang efektif dalam pengaturan fungsi saraf dan otot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement