Kamis 06 Jul 2023 23:47 WIB

Gampang Capek? Ini Makanan Terbaik untuk Ngecharge Energi

Ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa disantap untuk menambah energi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Buah pisang. Pisang menjadi salah satu makanan terbaik untuk mengisi ulang energi. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Buah pisang. Pisang menjadi salah satu makanan terbaik untuk mengisi ulang energi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak faktor yang memengaruhi tingkat energi tubuh sepanjang hari. Meskipun suatu jenis gangguan tidur dapat menyebabkan rasa kantuk pada pagi hari, kebiasaan gaya hidup, pola makan, dan tingkat stres yang tinggi dapat menurunkan energi Anda pada siang hari.

Cuaca juga dapat berperan dalam tingkat energi yang rendah pada siang hari. Bulan-bulan yang panas dapat membuat tingkat elektrolit Anda tidak seimbang dan menyebabkan dehidrasi. Banyak orang dapat terpengaruh oleh fluktuasi neurotransmiter seperti serotonin di otak.

Baca Juga

Hal ini berarti bahwa nutrisi dan mineral tertentu dapat mengalami defisit dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk menyebabkan kelelahan dan keletihan. Kurangnya olahraga adalah faktor lain yang terkadang menyebabkan energi yang rendah.

Jika saat ini Anda sedang tidak bersemangat dan lelah, ahli gizi dari India, Lovneet Batra, telah memberikan rekomendasi makanan yang bisa disantap untuk menambah energi:

1. Pisang

Batra mengatakan, pisang adalah sumber vitamin B6 yang penting, yang terlibat dalam mengubah makanan menjadi energi. Vitamin B6 membantu tubuh Anda memetabolisme karbohidrat dan mendorong produksi energi. “Magnesium adalah mineral lain yang ditemukan dalam pisang yang berkontribusi pada produksi energi,” kata Batra seperti dikutip dari India Today, Jumat (7/7/2023).

2. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian utuh yang mengandung serat yang memengaruhi energi tubuh dan disimpan untuk waktu yang lebih lama. Quinoa adalah karbohidrat kompleks yang mengandung serat makanan dalam jumlah yang baik. Karbohidrat kompleks dipecah secara perlahan oleh tubuh, memberikan pelepasan energi yang stabil dan berkelanjutan.

3. Yoghurt

Menurut Batra, kesehatan usus juga memengaruhi tingkat energi kita karena usus bertanggung jawab atas berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk pencernaan dan penyerapan nutrisi. Batra menjelaskan, yoghurt mengandung bakteri menguntungkan yang disebut probiotik yang mendukung lingkungan usus yang sehat dan membantu pencernaan.

Dengan meningkatkan pencernaan yang efisien dan penyerapan nutrisi, probiotik secara tidak langsung berkontribusi dalam menjaga tingkat energi yang stabil. Saat memilih yoghurt untuk menambah energi, pilihlah greek yoghurt atau plain yoghurt tanpa tambahan gula.

4. Biji chia

Menurut para ahli, biji chia adalah sumber energi yang sangat baik untuk jangka waktu lama, berkat kandungan karbohidrat, lemak sehat dan seratnya.

5. Oat

Oat adalah biji-bijian utuh dan mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat makanan, termasuk serat larut dan tidak larut. Serat memperlambat pencernaan dan mencegah kehabisan energi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement