Senin 13 Apr 2015 08:56 WIB

Pegal Linu Saat Hamil

Senam hamil
Foto: flickr
Senam hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Saat kehamilan biasanya bagian terasa pegal linu di bagian belakang tubuh atau biasa disebut sciatica. Pegal linu biasanya terjadi di area punggung bagian bawah sampai bokong dan turun lagi ke bawah bagian pinggul sampai ke kaki. Bahkan, pada sebagian perempuan hamil  kondisi itu bisa sampai menimbulkan mati rasa di daerah tersebut.

Biasanya, sciatica timbul pada usia kehamilan antara lima sampai enam bulan. Rasanya sangat perih dan linu, yang biasanya terasa di bagian pinggang dan menjalar sampai ke kaki.

Apa penyebab sciatica? Dikutip dari www.parentsindonesia.com, keadaan ini terjadi akibat pembesaran rahim. Adanya pembesaran janin bisa mengubah bentuk tubuh dan bisa menekan saraf di daerah sciatic yang merupakan cabang saraf yang terdapat di daerah pinggul sampai ke kaki.

Mencegah sciatica bisa dilakuka dengan olahraga yoga. Yoga bisa mencegah sciatica dan mengurangi rasa sakit. Atau lakukan latihan berikut ini untuk mehilangkan rasa sakit, berdirilah menghadap tembok. Letakkan tangan di tembok dan angkat kaki kanan sampai hitungan kelima. Lakukan bergantian dengan kaki kiri. Lakukan tiga kali untuk masing-masing kaki dan lakukan minimal sekali dalam sehari.

Tips tambahan mencegah sciatica

- Lingkarkan pita elastis di area bawah perut sampai ke pinggul. Pita tersebut sangat membantu mengurangi pegal linu. Pita elastis bisa dibeli di toko perlengkapan ibu dan anak.

- Rasa hangat bisa merdakan pegal linu sementara. Saat terasa pegal dan linu cobalah berendam dalam air hangat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement