Jumat 03 Apr 2015 13:02 WIB

Agar Bayi Tidur Sepanjang Malam

Bayi tidur. (ilustrasi)
Foto: Antara
Bayi tidur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pada usia 4-6 bulan, kebanyakan bayi tidak perlu minum susu tengah malam dan sudah bisa membuat diri mereka tidur kembali. Anak Anda akan dapat melakukan hal itu jika Anda konsisten menjaga rutinitas. Inilah saat yang tepat untuk mengajarkan pola tidur.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, Anda bisa menempuh berbagai cara. Membiarkan dia menangis jika Anda cukup tegar mendengarnya atau menenangkan dia setiap lima menit dan perlahan tambah interval “kunjungan” Anda ke tempat tidur anak. “Jika Anda menunggu hingga dia berusia 8 bulan, dia mengingat bahwa Anda akan datang setiap kali dia meminta, dan dia akan terus memanggil Anda,” kata Tanya Remer Altmann, MD, spesialis anak sekaligus penulis Mommy Calls.

Untuk membuat si bayi tidur sendiri, baringkan dia lebih awal, sebelum dia rewel dan kelelahan. Anda juga bisa membeli mesin penghasil bunyi-bunyian lembut dan tirai untuk menyaring suara dan cahaya yang dapat menggangu kemampuan anak untuk tertidur dan tetap terlelap.

Ada juga bayi yang sulit tidur selain di ranjangnya atau sulit tidur jika Anda tidak membantunya. “Bayi yang tidur pilih-pilih tempat karena dibiasakan. Bukannya bawaan lahir,” kata psikolog anak Ethan Benore, PhD. “Orang tua biasanya secara tidak sengaja mengajarkan bayi untuk menjadi pemilih,” lanjutnya.

“Misalkan Anda biasanya menepok-nepok bokong anak Anda saat tidur. maka sampai ia agak besar akan terbiasa dan kebiasaan itu sulit diubah.” Jika mau bayi Anda tidur di rumah, maka Anda harus membuatnya menjadi prioritas. Gunakan segala cara untuk membuat rumah menjadi tempat yang nyaman untuk tidur si kecil.

Buat bayi yang tidak mau tidur di mana pun selain rumah, tak terlalu masalah. Pergi dan menginaplah di tempat saudara atau hotel sepekan sekali untuk membuatnya terbiasa tidur di tempat yang baru. Sepekan sekali cobalah tidurkan bayi Anda pada pagi hari, dan cobalah membuatnya terjaga setelah setelah pukul 7 malam. Jika Anda harus pergi ke luar rumah pada malam hari, jangan bungkus si kecil dengan bungkusan yang nyaman. Hal itu akan membuatnya tidak tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement