Selasa 28 Feb 2023 17:14 WIB

Kesalahan Cara Menidurkan Bayi yang Sering Dilakukan Orang Tua

Ada beberapa cara yang tepat untuk membuat bayi tertidur.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Bayi tidur (ilustrasi). Ada lima kesalahan umum ketika menidurkan bayi.
Foto: www.hippopx.com
Bayi tidur (ilustrasi). Ada lima kesalahan umum ketika menidurkan bayi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua tidak bisa gegabah ketika menidurkan bayi. Ada beberapa cara yang tepat untuk membuat bayi tertidur.

Mengabaikan siklus tidur bayi dapat mengganggu dan meningkatkan kemungkinan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Oleh karena itu, berikut ini adalah lima kesalahan tidur bayi yang bisa Anda hindari, dilansir Health Shots, Selasa (28/2/2023):

Baca Juga

1. Tidak mengikuti rutinitas sebelum tidur

Rutinitas waktu tidur membantu anak rileks sebelum tidur dan juga akan menjadi kesempatan ikatan yang luar biasa antara orang tua dan anak. Ini merupakan metode sederhana yang membuat perbedaan besar dalam seberapa cepat anak Anda tidur dan seberapa banyak bantuan yang dia perlukan untuk tidur.

Cara membentuk rutinitas sebelum tidur adalah tutup tirai, redupkan lampu, dan bersiap membacakan dongeng. Bisa juga dengan mandi air hangat yang dapat membantu menenangkan anak Anda.

Setelah selesai, bawa mereka langsung ke tempat tidurnya dan kenakan pakaian dalam kegelapan sambil diiringi musik latar. Semua rutinitas ini bisa dilakukan satu jam sebelum waktu tidur.

2. Tidak mengetahui isyarat tidur anak

Beberapa indikator anak kelelahan dan perlu tidur, termasuk mengucek mata, menguap, aktivitas lambat, merengek, dan rewel. Mereka juga kehilangan minat pada orang dan aktivitas bermain ketika mengantuk.

Jika orang tua melewatkan jadwal tidur anak, akibatnya tubuh mereka tidak akan melepaskan melatonin yang menenangkan. Sebaliknya, kelenjar adrenal mereka akan melepaskan hormon stres yang dapat merangsang anak secara berlebihan, membuat mereka bersemangat, dan dapat  terus melakukan sesuatu yang membuat mereka terjaga.

3. Menidurkan bayi di mana saja

Meletakkan bayi di kereta dorong bayi, kursi mobil, atau meja makan saat mereka tidur siang tidak memberi tidur yang mereka butuhkan. Untuk mengembangkan pola tidur yang tepat, bayi harus memiliki zona tidur yang nyaman, tempat di mana mereka dapat tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Disarankan orang tua melakukan tugas mereka di antara tidur siang. Jika Anda akan keluar pada malam hari, atur pengasuh atau kerabat dekat untuk membantu sehingga bayi Anda tidak tidur terlalu lelah di tempat yang asing.

4. Memeluk bayi dan tidur di sofa

Ini merupakan kesalahan tidur bayi yang utama. Aktivitas ini berpotensi menjatuhkan atau mencekik bayi. Memeluk bayi dan tidur di sofa jauh lebih tidak aman daripada tidur bersama di tempat tidur. Jika Anda akan tidur siang atau tidur dengan bayi Anda, pilih kasur daripada tertidur di sofa.

5. Membiarkan bayi tidur sepanjang hari

Jika tidur siang bayi berlangsung lama, Anda mungkin harus membangunkan bayi agar sisa rutinitas tidurnya tidak terganggu. Karena mereka tidak akan tidur banyak di malam hari jika mereka tidur sepanjang hari.

Disarankan Anda berbicara dan bermain saat mereka bangun untuk mengisi jam bangun mereka serta jamin mereka benar-benar kelelahan saat periode tidur berikutnya tiba, yang akan membuat bayi tidur lebih nyenyak.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement