Senin 30 Mar 2015 10:54 WIB

Melihat Potensi Pariwisata dan Kekuatan Alam Dusun Kamojang

Kawah Kamojang
Foto: Kawah Kamojang
Kawah Kamojang

Di daerah ini juga terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi pertama di Indonesia. Panas bumi disini pertama kali dieskplorasi pada tahun 1970 yang dilakukan oleh ahli Gunung Berapi dari Selandia Baru.

"Belum lagi kita juga punya makanan khas seperti sate jamur, peyeum crispy dan lainnya," kata dia.

Arkav Juliandri, General Manager Business Development & Cloud Technology XL mengatakan, pihaknya melihat potensi besar tersebut dan berkomitmen ikut mendukung pemerintah dalam memajukan dan mengembangkan potensi di berbagai wilayah, termasuk pedesaan. Salah satunya dengan menjadikan Dusun Kamojang, Desa Laksana ini sebagai Xmart Village pertama mereka.

"Sehingga akan memberikan manfaat positif bafi masyarakat," kata dia.

Menggandeng Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (ITB), pihaknya mengintegrasikan layanan. Diantaranya adalah Mobile Advertising, di mana pengguna yang berada di daerah sekitar Garut atau Bandung akan mendapat notifikasi berisi informasi dan ajakan untuk mengunjungi daerah ini.

"Dan ada informasi untuk call center juga," kata dia.

Selanjutnya Mobile Farmers yang dapat digunakan penduduk yang mayoritas memanfaatkan hasil kebun untuk mengetahui tentang cuaca. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui masa tanam. Juga ada Mobile Xurveillance untuk mengamati kondisi sekitar melalui kamera pengintai.

"Dengan ini kami harapkan semakin terpublikasinya destinasi pariwisata menarik di kawah Kamojang," ujarnya.

Sementara Bambang Parikesit selaku Vice Presiden XL Central Region mengatakan, pihaknya juga akan terus meningkatkan layanan komunikasi di daerah ini. Termasuk menyertakan layanan 4G yang telah diluncurkan di Bandung akhir pekan kemarin.

"Karena kami percaya dengan internet berkembang dan disertai dengan pendampingan pada masyrakat, maka potensi akan berkembang. Industri dan potensi yang ada bisa ketemu dengan bantuan internet," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement