Senin 30 Mar 2015 10:54 WIB

Melihat Potensi Pariwisata dan Kekuatan Alam Dusun Kamojang

Kawah Kamojang
Foto: jabarprov.go.id
Kawah Kamojang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan potensi pariwisata beragam. Sebut saja macam Kawah Putih, Tangkuban Perahu, Ciater dan masih banyak lagi.

Khusus di daerah Bandung bagian barat kita biasanya mengenal Garut. Namun sebenarnya, tidak jauh dari Garut, kita bisa menemukan satu daerah dengan potensi pariwisata yang tidak kalah menarik. Yakni di Dusun Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

Ada apa saja di sana?

Republika Online (ROL) dan sejumlah media lainnya dengan perusahaan telekomunikasi XL berkesempatan mengunjungi daerah tersebut beberapa waktu lalu. Dusun Kamojang, Desa Laksana memang menjadi salah satu proyek penetapan desa pintar XL.

Menuju daerah tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit. Dari jalanan utama menuju pusat kota Garut, kita tinggal berbelok ke kanan menyusuri jalan menanjak dan berliku yang cukup menantang. Dibentengi kawasan hutan seluas lebih dari 8500 hektare membuat perjalanan menuju desa ini sudah menjadi pengalaman yang mengasyikkan tersendiri.

Meski saat itu waktu menunjukkan pukul 1 siang, sejuknya udara sangat terasa. Jalanan yang berliku dan diselingi tanjakan serta turunan curam seolah tak jadi halangan. Apalagi jalan menuju daerah ini juga sangat baik. Aspalnya mulus. Sejak 2011 lalu, desa ini memang telah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata di Jawa Barat.

Memet Ibun, Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata sekaligus Pembina Desa Wisata Desa Laksana mengatakan, salah satu potensi yang dimiliki daerahnya adalah Kawah Kamojang. Di kawah ini terdapat uap panas yang dapat dimanfaatkan sebagai wellness tourism.

"Jadi pengunjung bisa merasakan nikmatnya spa di tempat terbuka," kata dia.

Bahkan ia menyebut, dengan beberapa kali menjalani spa di daerah ini efektif mengobati berbagai penyakit seperti rematik dan lainnya. "Untuk menikmati ini pengunjung tidak dikenakan biaya tinggi, karena memang belum menjadi titik komersial," kata dia.

Selanjutnya pengunjung juga bisa singgah di tempat penangkaran Elang Jawa. Disini pengunjung dapat melakukan aktivitas pengamatan burung Elang Jawa serta berkontribusi dalam menjaga keberlangsungan burung yang memiliki nama latin Nisaetus Bartelsi ini.

"Buat yang suka aktivitas alam juga bisa merasakan nikmatnya jogging track menuju danau Ciharus. Suasananya sangat indah dan asri," ujarnya.

Danau Ciharus juga disebut sebagai Ranukumbolonya Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement