Ahad 22 Mar 2015 08:37 WIB

Daging Domba Baik untuk Makanan Bayi Usia 7-9 Bulan

Makanan Bayi (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Makanan Bayi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayi berkembang sangat pesat pada usia 7-9 bulan. Di usia ini bayi sudah bisa duduk di high chair. Dia sudah siap diberikan makanan dengan rasa yang kuat yang tekstur yang sedikit kasar.

Dalam bukunya Superfoods for Babies and Children, Annabel Karmel memberikan rincian apa saja makanan terbaik untuk bayi berusia 7-9 bulan seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Sayuran dan buah

Ubi jalar kaya akan vitamin C dan E serta beta-karoten. Jadi, adalah ide yang baik untuk mengganti kentang dengan ubi. Kacang polong juga termasuk dalam makan terbaik untuk bayi karena merupakan sumber vitamin A dan C, serta asam folat dan vitamin B. Labu juga sangat menarik perhatian bayi, selain rasanya yang manis, labu merupakan sumber terbaik antioksidan beta-karoten. Selain itu, Anda bisa juga menambahkan buah prune. Buah ini kaya akan sumber energi, serat, dan zat besi. Manfaat dari buah ini adalah dapat mengatasi sembelit. Bukan hanya itu saja, sayuran beku bisa sama bergizinya dengan sayuran segar, jika sayuran itu dibekukan beberapa jam setelah dipetik, maka nutrisi penting dalam sayuran itu tidak akan hilang. Kacang polong beku dianggap sangat baik untuk bayi Anda.

Daging dan ikan

Ayam adalah makanan pertumbuhan karena mengandung protein dan vitamin B12, yang tidak ditemukan dalam sayuran. Ayam juga mengandung lemak alami, yang bisa digunakan untuk energi dan pertumbuhan. Daging domba dianggap sebagai sumber vitamin B, zinc, dan zat besi. Bukan hanya itu, daging merah pun merupakan sumber zat besi yang mudah diserap. Apabila bayi bosan, Anda bisa mengganti daging dengan ikan. Ikan sangat rendah lemak dan sumber protein terbaik yang diperlukan bayi. Penting sekali memberikan ikan sejak dini kepada bayi. Cara menyajikan ikan kepada bayi adalah dengan menghaluskannya. Anda dapat mencampurnya denga saus krim keju dan sayuran. Perlu Anda ketahui kebutuhan zat besi bayi sangat tinggi antara usia 6 sampai 12 bulan. Bayi dilahirkan dengan persediaan zat besi yang akan bertahan selama enam bulan, sehingga setelah itu bayi perlu mendapatkan zat besi dari makanan. Penting sekali anak-anak berusia 6 sampai 9 bulan mulai teratur makan makanan yang mengandung protein.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement