Rabu 18 Mar 2015 13:53 WIB

Ini Mengapa Asam Folat Penting Saat Hamil

Asam folat
Foto: nutraingredients
Asam folat

REPUBLIKA.CO.ID, Latar belakang mengapa asam folat penting, karena ada penemuan oleh para ilmuwan yang mengatakan bahwa risiko cacat tabung saraf—cacat lahir pada tulang belakang dan otak—menurun ketika seorang perempuan hamil mengonsumsi cukup asam folat sebelum dan selama kehamilan.

Asam folat (folic acid), yang merupakan bentuk sintetis dari folat (folate), adalah vitamin B yang bisa ditemukan dalam makanan seperti sereal, sayuran hijau, jeruk dan jus jeruk, kacang, asparagus, bayam, dan lentil. Namun, untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah yang dibutuhkan untuk mencegah cacat tabung saraf, dokter akan menyarankan Anda minum vitamin prenatal atau multivitamin dengan 400 mcg (mikrogram) asam folat setiap hari.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, waktu terbaik untuk mulai minum vitamin prenatal adalah sebelum Anda hamil. Namun saat mulai hamil pun tidak mengapa baru mengonsumsi folat. Asam folat merupakan vitamin sangat penting dalam minggu-minggu pertama kehamilan. Anda dapat membeli vitamin prenatal di apotik manapun. Tetapi untuk memastikan asam folat terbaik, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Dokter kadang-kadang meresepkan suplemen asam folat tambahan untuk perempuan yang berisiko tinggi melahirkan bayi cacat. Namun tetap berhati-hati mengonsumsi asam folat meskipun sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter. Minumlah sesuai resep karena dosis tinggi vitamin dan mineral tertentu dapat membahayakan bayi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement