Sabtu 14 Mar 2015 07:12 WIB

Risiko Ingin Melahirkan di Tanggal Cantik

Ibu baru melahirkan/ilustrasi
Foto: frontpagemag.com
Ibu baru melahirkan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki anak di 'tanggal cantik' adalah impian sebagian orang tua. Tapi apakah orang tua selalu bisa melahirkan di tanggal yang mereka inginkan melalui persalinan sesar? 

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, berikut penjelasannya.

Tanya: Saya sedang mengandung anak kedua. Saya akan melakukan persalinan sesar tepat di tanggal 23 April 2014. Itu adalah tanggal lahir ibu saya dan saya ingin memiliki anak di tanggal itu. Apakah dokter akan membolehkan mengandung sampai tanggal itu? Tanggal jatuh tempo kelahiran sebenarnya lebih cepat dari tanggal itu.

Jawab: Memiliki jadwal persalinan cesar itu berarti Anda tahu dengan pasti bahwa akan melahirkan melalui jalan tersebut. Biasanya, kami menjadwalkan sesar satu minggu sebelum tanggal melahirkan. Jadi jika tanggal jatuh tempo adalah 23 April, sesar akan dijadwalkan pada tanggal 16 April. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masalah yang mungkin muncul pada tanggal persalinan dimana bisa mengubah jadwal persalinan cesar menjadi bedah sesar darurat.

Selama praktik saya hampir selalu mengakomodasi keinginan pasien. Bukan berarti saya selalu menuruti tanggal yang diinginkan pasien. Yang pasti tanggal yang mereka inginkan aman secara medis. Memang memungkinkan menunggu persalinan sesar sampai tanggal yang Anda inginkan. Pertanyaannya, apakah bayi Anda bisa menunggu jika sudah waktunya lahir? Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dia mungkin memiliki tanggal terbaik untuk kelahiran buah hati Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement