Selasa 10 Mar 2015 14:14 WIB

Ini Tanda Ungkapan Cinta Bayi ke Orang Tuanya (2-Habis)

Ibu dan bayinya.
Foto: Reuters
Ibu dan bayinya.

REPUBLIKA.CO.ID, Bayi baru mulai menyebutkan satu atau dua patah kata di usia 11 bulan. Tapi bukan berarti dia tidak bisa berkomunikasi. Ia berkomunikasi dengan bahasa tubuh yang kadang samar sehingga Anda tidak sadar.

Bahasa tubuh bukan saja untuk menyampaikan hal-hal mendasar seperti lapar, haus, atau sakit. Bayi sudah bisa merasakan getaran cinta Anda. Selain merasakan, si kecil bisa membalasnya dengan mengungkapkannya melalui bahasa tubuh. Inilah beberapa ungkapan cinta bayi, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Ungkapan Cinta #3: Dia tidak mau Anda Pergi

Apa yang dilakukannya: Dia akan berpegangan erat-erat kepada Anda dan menangis saaat Anda pergi, dan tampak senang sekali saat bersama Anda. Tangisan dan cengkeraman eratnya merupakan ungkapan kedekatan yang mendalam dengan Anda. Ini juga bagian dari perkembangan bayi, di mana nantinya dia akan mengerti bahwa Anda akan tetap ada walaupun menghilang dari pandangannya.

Respon dengan: saat Anda harus meninggalkannya, lakukan dengan cepat untuk menghindari drama. Katakan, “Mama pergi dulu ya sayang. Nanti kita ketemu lagi."

Cium lalu pergi. Berlama-lama hanya akan membuatnya menangkap getaran bahwa Anda pun berat meninggalkannya.

Ungkapan #4: Dia selalu kembali ke Anda

Apa yang dilakukannya: Si kecil akan merangkak dan mulai menjelajah ke mana-mana lalu kembali ke Anda. Kemanapun dia pergi, akan selalu kembali ke pangkuan Anda saat dia merasa tidak nyaman.

Respon dengan: Membiarkannya menjelajah. Memastikan rumah aman untuk dijelajahi si kecil akan lebih meneteramkan hati dan membuat perkembangannya lebih pesat dibandingkan dengan menguntit di belakangnya dan sering melarangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement