Selasa 03 Mar 2015 16:56 WIB
Eksekusi Mati Gembong Narkoba

Isu Bali Nine Tunda Festival Indonesia di Adelaide

Indofest sudah diselenggarakan tiap tahun di Rymill Park, Adelaide.
Foto: ABC News
Indofest sudah diselenggarakan tiap tahun di Rymill Park, Adelaide.

REPUBLIKA.CO.ID, ADELAIDE -- Sejumlah acara yang menjadi bagian dari penyelenggaraan salah satu festival terbesar Indonesia di Australia, Indofest di Adelaide (Australia Selatan), ditunda berkenaan dengan akan dieksekusinya dua warga Australia Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Puncak acara INDOfest sedianya akan dilakukan Ahad (13/4) di Rymill Park, Adelaide, dan sejak dimulai di tahun 2008. Festival ini selalu menarik banyak pengunjung, dengan sekitar 15 ribu orang rata-rata hadir selama beberapa tahun terakhir.

Selain itu, Indofest juga menyelenggarakan kegiatan lain seperti pertemuan bisnis, pameran di museum dan pertunjukkan musik di pusat pertokoan dan kegiatan lain, dalam festival yang disebut sebagai kegiatan mempromosikan Indonesia terbesar di luar negeri.

Sekretaris Asosiasi Indonesia-Australia (AIA) Chris Majewski mengatakan bahwa sekarang berbagai kegiatan Indofest akan ditunda dan diselenggarakan di kemudian hari. AIA adalah penyelenggara festival Indofest yang melibatkan masyarakat Indonesia lainnya di Adelaide.

"Setelah melakukan pertimbangan serius, panitia memutuskan bahwa beberapa kegiatan, khususnya kegiatan terbesar Indofest di Rymill Park, dan pertunjukkan di Mall, yang terbuka untuk publik, sebaiknya tidak diselenggarakan saat ini." kata  Majewski.

"Kami mempertimbangkan dalam konteks Australia bahwa sekarang waktunya tidak tepat, dan sebaiknya ditunda dan diselenggarakan di kemudian hari."

Kegiatan lain yang masih tetap diselenggarakan dan tidak melibatkan pengunjung dalam jumlah besar adalah kegiatan di sekolah, di galeri seni  dan di taman raya.

Majewski mengatakan bahwa AIA adalah organisasi kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh para sukarelawan, dan bukannya organisasi politik. "Perhatian kami adalah bagi warga Australia dan Indonesia." katanya.

"Kami tidak terlibat dalam kegiatan politik sama sekali, sehingga saya tidak akan memberikan komentar mengenai situasi yang ada sekarang dari sisi politik." tambah Majewski.

"Namun menurut kami, warga Australia pada umumnya akan berpandangan bahwa tidaklah tepat waktunya menyelenggarakan peristiwa besar seperti ini dalam konteks situasi sekarang."

Majewski tidak bisa menjelaskan kapan tanggal baru untuk kegiatan ini, namun diharapkan akan diselenggarakan di tahun 2015. Dia mengatakan setiap tahunnya Indofest mendapat banyak sponsor dan mereka akan tetap menjadi sponsor meski kegiatan ditunda.

"Tidak ada sponsor yang sejauh ini sudah menyatakan akan mendukung, menarik partisipasi mereka." katanya.

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-03-03/indofest-di-adelaide-ditunda-terkait-eksekusi-bali-nine/1420777
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement