Sabtu 28 Feb 2015 18:27 WIB

Tempat Tidur Bayi yang Aman (2-Habis)

Tempat tidur bayi
Foto: flickr
Tempat tidur bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Saat berencana berbelanja tempat tidur bayi, apa yang terbayang dalam benak Anda? Tempat tidur dengan kasur empuk? Tempat tidur dengan jeruji? Apapun bayangan Anda, mungkin gambaran berikut bisa menjadi modal untuk lebih bijak dan tidak sembarangan memilih tempat tidur bayi.

Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics menyatakan bahwa setiap hari sekitar 26 orang anak mengalami cedera yang disebabkan oleh tempat tidurnya. Bersama timnya, Dr. Gary A Smith, kepala penulis studi dan direktur Center for Injury Research and Policy di Nationwide Children’s Hospital, menggunakan data yang dikumpulkan oleh National Electronic Injury Surveillance System.

Ian menemukan dari tahun 1990 sampai 2008, ada lebih dari 181.000 kasus anak di bawah usia 2 tahun yang cedera dan dibawa ke IGD akibat produk bayi. Yang mengejutkannya lagi, 83 persen di antaranya adalah cedera karena tempat tidur bayi!

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, tidaklah mengherankan jika Consumer Product Safety Commission di Amerika Serikat mencatat ada lebih dari 11 juta tempat tidur bayi dan buaian yang ditarik kembali sejak tahun 2007. Saat berencana ingin membeli tempat idur bayi, cek beberapa poin berikut.

Percayalah, dengan membelinya berdasarkan hal-hal ini tidak saja si kecil yang bisa tidur nyenyak, tapi Anda pun tidur dengan hati tenang.

Terpasang kencang

Baut dan mur pada engsel-engsel juga harus terpasang dengan kecang. Jika longgar kencangkan dengan obeng.

Halus

Terbuat dari material apapun tempat tidur bayi, yang jelas bahannya harus halus dan tidak membuat kulit bayi cedera. Jika terbuat dari kayu, pastikan tidak ada lapisan kayu yang keluar dan menggores atau masuk ke dalam kulit bayi. Pastikan juga catnya tidak mengelupas.

Batas minimal

Pagar tempat tidur bayi paling tidak harus berjarak 65 cm dari kasur agar bayi yang sudah bisa berdiri tidak bisa memanjatnya dan terjatuh.

Pengunci

Jika Anda kebetulan sudah memiliki tempat tidur bayi dengan model pagar geser atas-bawah, modifikasi sedikit dengan menambahkan kunci pengait yang bisa menahan pagar agar tidak jatuh sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement