Rabu 30 Aug 2023 11:01 WIB

Agar Tidur Makin Nyenyak, Cek Kiat Atur Interior Kamar Ini

Keberadaan perabot di dalam kamar bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
IKEA hadirkan exclusive room set tour bertajuk 6 Steps Toward Better Sleep.
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
IKEA hadirkan exclusive room set tour bertajuk 6 Steps Toward Better Sleep.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Banyak orang tidak menyadari bahwa keberadaan perabot di dalam kamar bisa memengaruhi kualitas tidur. Bila ragam perabot di dalam kamar tidak tersimpan rapi atau berantakan, kualitas tidur di malam hari bisa ikut terganggu.

Desainer interior IKEA Milando Amirullah mengungkapkan bahwa kondisi perabot yang berantakan di dalam kamar bisa diatasi dengan cara yang sederhana. Salah satunya adalah dengan menggunakan barang atau perabot multifungsi di kamar.

Baca Juga

Di IKEA misalnya, ada produk meja pintar bernama Starkvind. Meja yang terbuat dari kayu oak ini tak hanya bisa berfungsi sebagai meja samping (side table) serbaguna untuk diletakkan di sisi tempat tidur, tetapi juga sebagai penjernih udara (air purifier). Meja pintar ini juga bisa dihubungkan ke hub Dirigera, sehingga pengguna dapat mengontrol fungsi pembersih udara melalui aplikasi IKEA Home Smart. "Selain untuk menjernihkan udara, side table-nya juga bisa dipakai untuk kerja dan lainnya," lanjut Milando saat ditemui di IKEA Alam Sutera, Selasa (30/8).

Mengingat ada beragam barang yang disimpan di dalam kamar, Milando juga menganjurkan orang-orang untuk menggunakan perabot multifungsi yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Salah satunya adalah bangku pouffe dari seri Tolkning yang dapat berfungsi sebagai bangku meja rias sekaligus tempat penyimpanan.

Tak jarang, area kamar juga membutuhkan tempat penyimpanan yang besar untuk menaruh beberapa barang seperti bantal tambahan dan seprai atau selimut. Dalam kondisi ini, Milando juga menganjurkan orang-orang untuk memanfaatkan bagian kolong kasur sebagai tempat penyimpanan dengan menggunakan tempat penyimpanan khusus di bawah tempat tidur.

"Kalau kamar diatur dengan baik melalui pemilihan perabot multifungsi, pada akhirnya kita akan merasakan kamar lebih rapi, kita jadi lebih rileks, dan bisa ningkatin kualitas tidur kita," ujar Milando.

Selain memanfaatkan barang multifungsi agar kamar lebih ringkas dan nyaman, Milando juga memberikan tips dalam memilih perabot untuk kamar. Sebelum membeli perabot, Milando menyarankan orang-orang untuk mempertimbangkan dulu urgensi dan manfaat dari perabot tersebut di kamar. Tanpa melakukan pertimbangan ini, akan ada banyak barang yang menumpuk dan memakan banyak ruang di dalam kamar.

Milando mengungkapkan bahwa sebagian orang lebih fokus menata area-area rumah yang terlihat oleh tamu, seperti dapur atau ruang tamu. Padahal, lanjut Milandi, memiliki kamar yang tertata dengan rapi dan baik merupakan investasi yang dapat membantu orang-orang untuk beristirahat dengan lebih baik. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement