Senin 16 Oct 2023 15:00 WIB

Buat Kamar Tidur Lebih Nyaman, Ikuti 5 Langkah Ini

Kamar tidur disarankan memiliki pencahayaan yang lembut.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Cukup lakukan beberapa langkah sederhana agar kamar tidur jadi tempat yang lebih nyaman,/ Ilustrasi
Foto: NYTimes.com
Cukup lakukan beberapa langkah sederhana agar kamar tidur jadi tempat yang lebih nyaman,/ Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain sebagai tempat beristirahat, kamar tidur bisa menjadi tempat "suaka" atau perlindungan dari dunia nyata, bahkan area untuk memulihkan kesejahteraan mental. Kamar tidur bisa disulap menjadi tempat tepat ternyaman  dan ruang untuk relaksasi.

Tidak perlu biaya mahal supaya suasana kamar tidur bisa mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Cukup lakukan beberapa langkah sederhana berikut agar kamar tidur jadi tempat yang lebih nyaman, dikutip dari laman House Beautiful, Senin (16/10/2023).

Baca Juga

 

1. Atur pencahayaan yang lembut

Pakar kesehatan Karen Stone dan Colin Reeve dari Peaceful Way Retreats menyarankan kamar tidur memiliki pencahayaan yang lembut. Sebab, cahaya adalah pemicu paling kuat untuk ritme sirkadian (jam biologis tubuh dan cara alami untuk mengatur tidur).

Pertimbangkan untuk mengganti bohlam ke tingkat lumen yang lebih rendah atau warna yang sejuk. Bisa juga membuat ruangan lebih redup dengan tirai anti tembus pandang atau cukup dengan menggunakan masker tidur untuk membantu meminimalisasi gangguan cahaya.

 

2. Perlengkapan tidur nyaman

Tak ada salahnya berinvestasi pada produk berkualitas untuk perlengkapan tidur. Tidak perlu mahal, tetapi yang penting nyaman, termasuk tempat tidur, kasur, selimut, bantal, dan guling yang sesuai kebutuhan. Ini akan membuat kualitas tidur meningkat.

Jika perlu, tetapkan satu area terpisah dari tempat tidur untuk area relaksasi, mungkin di salah satu sudut kamar. Tambahkan bantal-bantal yang nyaman atau selimut lembut, juga sertakan pencahayaan atau wewangian lembut di sudut khusus tersebut.

 

3. Bersihkan dan rapikan berkala

Kamar tidur yang rapi dan bebas dari kekacauan akan membantu seseorang merasa lebih tenang dan seimbang. Bersihkan dan rapikan semua barang secara berkala, pilih warna cat dinding yang menenangkan, dan minimalkan aksesori.

Para ahli juga menyarankan untuk menyalakan lilin beraroma menenangkan (misalnya lavender atau kamomil), maupun tanaman pemurni udara guna memberikan keseimbangan pada hari. Bisa juga menyetel musik relaksasi untuk membantu mencapai ketenangan dan kedamaian batin.

 

4. Maksimalkan peran bebunyian

Menyetel suara atau bebunyian dengan cara tertentu dapat menciptakan suasana santai dan lingkungan yang sempurna untuk relaksasi. Di luar rumah, berbagai bunyi memang memicu stres, tapi jika bebunyian digunakan dengan cara yang benar, akan sangat bermanfaat.

Ada banyak aplikasi dan rekaman musik yang menenangkan, dan sesuaikan dengan referensi atau kesukaan yntuk menemukan jenis suara yang membuat diri rileks. Bagi yang lebih suka keheningan, pilih sesuatu seperti white noise untuk menghasilkan kesan menenangkan.

 

5. Luangkan waktu untuk rehat

Percuma jika kamar tidur sudah sangat nyaman tetapi pemiliknya tidak meluangkan waktu untuk rehat. Jeda sejenak dari rutinitas sangat perlu. Cukup duduk dan nikmati waktu pada detik dan saat ini tanpa memikirkan hal-hal lain. Bernapas, perhatikan dan sadari tiap embusannya.

Cara itu disebut pakar bisa melatih kesadaran sini-kini atau mindfulness, juga meningkatkan relaksasi. Tidak perlu waktu lama melakukannya. Cukup beberapa menit saja dapat membantu "mengisi ulang" energi tubuh dan mencapai kembali keseimbangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement