Rabu 17 May 2023 20:41 WIB

Jangan Simpan Benda Ini di Kamar Tidur, Bisa Ganggu Keintiman dengan Pasangan

Kira-kira, apa saja perabot yang bisa merusak keintiman di kamar tidur?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Kamar tidur (ilustrasi). Ada beberapa barang yang sebaiknya tidak disimpan di kamar tidur karena dapat menganggu keintiman.
Foto: www.freepik.com
Kamar tidur (ilustrasi). Ada beberapa barang yang sebaiknya tidak disimpan di kamar tidur karena dapat menganggu keintiman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ruang kamar tidur akan menjadi area private bagi setiap pasangan suami-istri. Karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan perabot dan perangkat apa saja yang bisa mendukung keintiman dengan pasangqn.

Kira-kira, apa saja perabot yang bisa merusak keintiman di kamar tidur? Yuk simak penjelasan dari pakar relationship seperti dilansir laman Best Life, Rabu (17/5/2023):

Baca Juga

1. Barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan

Terapis berlisensi di Portland, Aaron Kelsay, menyarankan untuk tidak membawa pekerjaan ke kamar tidur. Meskipun Anda bekerja WFH, menyelesaikan pekerjaan di kamar tidur bukan ide yang tepat. 

"Apa pun yang mengubah ruang private menjadi ruang produktif, atau tempat kerja, dan mengalihkan perhatian dari pasangan atau tidur, maka itu harus dialihkan ke tempat lain," kata Kelsay. 

Ann Russo, LCSW, seorang terapis profesional dari AMR Therapy, memperingatkan bahwa hal ini juga dapat menciptakan rasa stres dan kecemasan. "Barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan seperti laptop atau dokumen di kamar tidur membuat Anda sulit untuk rileks dan bersantai," jelas Russo.

2. Alat olahraga

Anda juga tidak ingin ada peralatan olahraga di kamar tidur. Seperti yang dijelaskan oleh Pierce Biglefthand, seorang konselor berlisensi yang bekerja di pusat perawatan ChoicePoint, berolahraga dapat membantu seseorang rileks dan memiliki pola pikir yang baik. Namun di sisi lain, hal ini dapat menciptakan lingkungan yang mengganggu bagi pasangan.

"Jika pasangan memiliki kebiasaan tidur larut malam atau bangun lebih awal, dan sesi olahraga Anda mengganggu waktu tidurnya, itu tidak akan sehat untuk hubungan Anda," kata dia. 

3. Elektronik

Bukan hanya laptop kerja yang perlu Anda khawatirkan. Russo mengatakan bahwa semua perangkat elektronik seperti komputer pribadi, televisi, dan telepon dapat menjadi gangguan utama di kamar tidur.

"Elektronik dapat mengganggu tidur, menciptakan jarak antara pasangan, dan menghalangi keintiman," jelas Russo.

Jika Anda tidak bisa berkomitmen untuk menyingkirkan semua barang elektronik dari kamar tidur, Russo menyarankan untuk setidaknya menetapkan batasan dalam penggunaannya

4. Foto keluarga

Foto keluarga boleh dipajang di area rumah manapun, kecuali kamar tidur. Nancy B Irwin, seorang psikolog klinis berlisensi yang berbasis di Los Angeles, mengatakan bahwa seseorang hanya boleh menyimpan foto diri dan pasangan di kamar tidur untuk membantu meningkatkan keintiman.

"Foto keluarga, anak-anak, hewan peliharaan, dan lain-lain bisa diletakkan di ruangan lain. Foto-foto itu sangat penting, tapi tidak boleh mengganggu waktu istirahat pasangan," jelas dia.

5. Kenang-kenangan dari mantan

Pasangan baru Anda mungkin tidak diingatkan dengan kehidupan masa lalu. Karenanya, menurut Heather England, seorang terapis hubungan dan pendiri Loved Filled Life, Anda tidak boleh mencoba menyembunyikan kenangan fisik dari mantan di kamar tidur.

England juga menyarankan agar catatan lama, potongan tiket, dan foto-foto yang berhubungan dengan mantan sebaiknya dibuang saja. Tapi jika ada alasan tertentu yang membuat Anda tidak bisa membuangnya, jangan simpan barang-barang tersebut di kamar tidur. 

"Setidaknya, barang-barang itu harus dimasukkan ke dalam kotak dan disimpan di ruangan lain selain kamar tidur," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement