Rabu 25 Feb 2015 15:57 WIB

Rahasia Orang Jepang Bisa Berumur Panjang

Rep: MG ROL 32/ Red: Indira Rezkisari
Faktor banyak menyantap makanan laut yang kaya Omega-3 menjadi salah satu rahasia umur panjang orang Jepang.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Faktor banyak menyantap makanan laut yang kaya Omega-3 menjadi salah satu rahasia umur panjang orang Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, Jepang sebenarnya memiliki tingkat polusi yang tinggi, level stres, kebiasaan merokok, dan memiliki angka pengonsumsi alkohol yang tinggi. Namun, banyak penduduk Jepang yang mampu bertahan hidup lebih lama. Apa rahasianya?

Masyarakat Jepang ternyata selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Bahkan, Jepang menjadi salah satu negara dengan pola makan tersehat di dunia. Jika Anda ingin sehat dan berumur panjang, coba perhatikan cara orang Jepang makan seperti dikutip dari laman Healthmeup, Rabu (25/2).

Kontrol makanan

Orang-orang di Nanago dan Okinawa memiliki rentang hidup yang lebih panjang dan memiliki risiko yang rendah terserang penyakit. Hal ini disebabkan kebiasaan makan mereka, yang berhenti makan sebelum kenyang. Kebiasaan lain juga tak kalah bermanfaat. Yaitu, menunda makan selama 20 menit saat lapar, dan menggunakan piring yang lebih kecil sehingga mengonsumsi makanan yang lebih sedikit kalori, namun tetap padat nutrisinya.

Konsumsi sayuran

Orang Jepang mengonsumsi berbagai sayuran dan kacang-kacangan sehari-harinya. Sayuran yang peling sering dikonsumsi masyarakat Jepang adalah rumput laut. Sayuran satu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, seperti sumber protein tinggi, vitamin A, C, dan B12. Selain itu, rumput laut pun rendah kalori, tinggi serat, dan kaya akan mineral.

Konsumsi lebih Omega-3

Kebanyakan masyarakat Jepang mengonsumsi ikan setiap hari. Sekitar 80-100 gram ikan sebagian besar dikonsumsi berbentuk sushi. Ikan memiliki kandungan Omega-3 asam lemak tak jenuh. Sehingga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi risiko rheumatoid arthritis, sensorik, mental, dan perkembangan motorik bayi, serta mencegah penyakit jantung dan kanker.

Konsumsi kedelai

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, produk kedelai seperti tahu dapat menjadi sumber protein yang lebih baik dibanding dengan daging merah. Alasannya, tahu mengandung sedikit lemak jenuh. Selain itu, masyarakat Jepang mengonsumsi tahu untuk membantu mencegah kanker payudara dan penyakit jantung, karena kandungan protein dan kalsium sulfat di dalamnya.

Konsumsi teh hijau

Selain ikan, masyarakat Jepang juga mempunyai kebiasaan minum teh hijau setiap hari. Teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu tubuh untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal dan dapat membantu mencegah penuaan dini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement