Senin 23 Feb 2015 18:44 WIB

Permainan Mengalihkan Perhatian Balita pada Pagi Hari

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Anak balita sedang bermain boneka (ilustrasi).
Foto: Republika/M Syakir
Anak balita sedang bermain boneka (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sebagai ibu baru, Anda pastinya lelah merawat balita Anda seharian. Anak bayi biasanya bangun lebih cepat pada pagi hari, sehingga sering kali sang ibu masih dalam kondisi terkantung.

Ibu pun kadang membutuhkan waktu 20-30 menit lagi untuk memejamkan matanya sebelum benar-benar bangun dan kembali menjalankan aktivitas sebagai ibu rumah tangga.

Oleh sebabnya, seorang ibu membutuhkan trik-trik cerdas untuk mengalihkan perhatian anak selama rentang waktu tersebut. Berikut adalah cara mengalihkan perhatian anak sejenak pada pagi hari untuk memberi waktu lebih kepada sang ibu beristirahat, dilansir dari Mother and Baby, Senin (23/2).

1. Menghidupkan televisi

Anda bisa menyalakan televisi dan memutar film kesukaan anak Anda, misalnya DVD Disney Madagascar. Ini bisa memberi waktu beberapa menit demi mengalihkan perhatian anak dari ibunya.

2. Menciptakan box magic

Ada permainan box magic yang merangsang keterampilan motorik sang anak. Permainan ini membutuhkan perhatian dan konsentrasi anak. Ini setidaknya akan mengalihkan perhatian mereka selama beberapa menit.

3. Membuatnya menari

Anak juga cenderung menyukai musik-musik tertentu yang bisa merangsang mereka menari ketika mendengarnya. Anda bisa memutar CD lagu-lagu kesukaan anak Anda. Ini bukan hanya bisa mengalihkan perhatian anak, melainkan juga membuat mereka berolah raga.

4. Kaset dongeng

Ada banyak mainan bayi yang berkualitas. Salah satunya adalah mainan yang bisa membacakan salah satu dari lima cerita dongeng ketika si bayi terbangun pada pagi hari. Mainan ini bisa ditaruh di keranjang tempat tidur bayi Anda, sehingga Anda bahkan tak perlu mengawasi tempat tidur anak Anda.

5. Bermain dengan ayah

Ini adalah cara paling sederhana dan efektif. Pada akhir pekan misalnya, ayah harus meluangkan lebih banyak waktu untuk anaknya di rumah setelah sepekan penuh bekerja di kantor. Suami bisa lebih bijaksana membiarkan istrinya beristirahat lebih pada akhir pekan dan menggantikan posisi sementara mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement