Jumat 20 Feb 2015 13:19 WIB

Meninggalkan Ayah Mengasuh Si Bayi

Ayah dan bayinya.
Foto: pixabay
Ayah dan bayinya.

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi seorang ayah, ditinggal berdua dengan bayi dibawah usia 1 tahun adalah suatu yang menegangkan. Namun dengan persiapan yang matang, ayah tidak perlu cemas. Inilah yang harus dilakukan ayah saat berdua dengan si buah hati, seperti dilansir dari www.parentsindonesia.com.

Mempersiapkan keperluan bayi

Anda harus tahu di mana tempat persediaan popok si kecil dan juga perlengkapannya (tisu basah, kapas, bedak, baby cream). Bayi tidak akan menangis atau rewel jika sudah merasa nyaman dan senang.

Biasanya, penyebab bayi menangis adalah popok yang sudah penuh dan basah untuk waktu yang lama dan juga ketika merasa lapar. Jadi Anda juga harus memiliki persediaan botol ASI untuknya.

Mengatur alarm

Ada baiknya jika Anda mengatur alarm setiap jam untuk mengecek popok si kecil. Selain itu, setiap beberapa jam sekali, dia membutuhkan asupan ASI yang sudah Anda siapkan dalam botol. Semuanya akan berjalan dengan lancar bila Anda mengetahui waktu yang tepat untuk memeriksa kenyamanan si kecil.

Jangan membuat rencana lainnya

Menjadi babysitter bagi bayi Anda membutuhkan perhatian secara penuh terutama saat dia sedang terjaga. Enyahkan keinginan Anda untuk menonton DVD atau mengecek email.

Jadikan dirinya fokus utama Anda dan inilah saatnya untuk menikmati ikatan yang terjalin antara Anda dengan buah hati Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement