Kamis 19 Feb 2015 16:06 WIB

Menjauhkan Anak dari Junk Food

Junk Food (ilustrasi)
Junk Food (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar orang tua tahu bahwa makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan. Tapi masih banyak saja orang tua yang memberikan makanan sampah kepada anaknya dengan alasan praktis atau anak lebih lahap saat makan junk food.

Anak yang sering mengonsumsi junk food berisiko mengalami obesitas, diabetes, masalah jantung, kanker dan ketidakseimbangan hormonal. Perlu Anda diketahui bahwa makanan cepat saji dibuat untuk menghasilkan rasa yang enak bukan untuk meningkatkan kesehatan.

Tugas orangtua adalah mengenalkan makanan yang sehat kepada anak. Jika Anda kesulitan mengenalkan makanan sehat, cobalah beberapa tip ini, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Ciptakan kebiasaan makan sehat

Usia batita adalah usia yang tepat untuk dibiasakan menyantap makanan sehat. Sangat penting sekali membiasakan makan makan sehat pada usia batita karena kebiasaan ini akan terus tertanam sepanjang hidup mereka.

Sedia snack sehat

Selalu sediakan makanan ringan yang sehat dan lezat untuk batita Anda. Ingatlah untuk membeli makanan ringan yang sehat ketika berbelanja. Makanan ringan yang sehat biasanya yang terbuat dari gandum.

Tidak ada junk food di rumah

Memang tidak mudah menjauhkan batita dari junk food jika batita Anda sebelumnya sudah dikenalkan kepada makanan tersebut. Selalu sediakan makanan sehat di rumah, dengan begitu batita tidak punya kesempatan makan junk food.

Beri arahan staf penitipan Anda

Jika Anda menitipkan anak di pusat penitipan anak, jangan lupa untuk menginstruksikan staf di sana untuk menghindari junk food. Anak Anda menghabiskan sebagian besar waktu di pusat penitipan anak, ada kemungkinan pusat penitipan anak itu memberikan junk food dengan alasan mudah disiapkan.

Jadilah contoh yang baik

Batita selalu menjadikan orang tua sebagai panutan mereka dan apa yang Anda latih kepada anak akan menjadi kebiasaan mereka. Jadi, jika Anda ingin menghentikan kebiasaan anak tidak makan junk food, Anda harus menghentikannya terlebih dahulu.

Perkenalkan berbagai jenis makanan

Penting untuk memperkenalkan variasi makanan sehat untuk batita sehingga mereka akan tertarik dengan makanan buatan sendiri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement