Selasa 17 Feb 2015 11:03 WIB

Empat Hal Dasar yang harus Diajarkan kepada Anak

Anak TK bermain (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Anak TK bermain (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sebelum anak Anda memasuki tahapan pra sekolah atau TK, pastikan dia belajar hal-hal dasar di bawah ini supaya tidak mengalami kesulitan saat berada di sekolah.

Pergi ke kamar kecil

Pergi ke kamar kecil di sekolah bagi anak-anak kadang membuatnya merasa kebingungan atau gelisah. Anak-anak belum bisa mengontrol kandung kemih mereka. "Pada usia 5 tahun, 15 persen anak-anak masih berisiko mengompol di siang hari," kata Chris Cooper, MD, direktur urologi anak di University of Iowa, Iowa, seperti dilansir dari www.parentsindonesia.com.

Anak mungkin tidak mengenali tanda-tanda peringatan dini bahwa ia harus pergi ke kamar kecil. Guru yang baik akan menjadwalkan istirahat ke kamar kecil. Namun jika tidak ada waktu istirahat ajarkan anak untuk berani meminta izin ke kamar kecil kepada guru kapan saja.

Berteman

Berada ke ruang kelas yang penuh dengan wajah baru dapat membuat anak merasa gugup. Untuk meningkatkan keberaniannya ajarkan dia teknik berteman.

Pertama, yakinkan dia bahwa teman-teman sekelasnya sama gugupnya  seperti dia. Atau ceritakan bagaimana cara Anda berteman dengan orang tua dari teman-teman anak Anda.

Kedua, cobalah teknik memuji. Untuk memulai pertemanan suruh anak Anda memuji pakaian atau tas teman yang ada di sampingnya. Tekankan kepadanya bahwa semua orang senang dipuji.

Tepat waktu

Untuk mengajarkan anak tepat waktu berangkat sekolah pastikan Anda tidak telat bangun di pagi hari. Anak terlambat datang ke sekolah bukan kesalahan si anak, melainkan kesalahan orang tua. Jika Anda sudah melakukan segalanya tepat waktu, Anda baru bisa menyuruh anak bagun pagi, sarapan, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement