Ahad 23 Jul 2023 14:08 WIB

Jangan Asal, Ini Cara Tepat Persiapkan Anak Masuk Sekolah

Orang tua bisa belajar mengasah kemampuan komunikasi dua arah dengan anak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Agar anak lebih siap masuk ke sekolah, orang tua bisa melakukan persiapan khusus/ilustrasi
Foto: unsplash
Agar anak lebih siap masuk ke sekolah, orang tua bisa melakukan persiapan khusus/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Saat anak baru memasuki usia sekolah, baik pendidikan anak usia dini (PAUD), kelompok belajar, taman kanak-kanak (TK) maupun tingkat sekolah dasar (SD), terkadang membuat orang tua bingung dan khawatir. Apakah anaknya siap menghadapi sekolah dan bergaul dengan teman di sekolah?

Oleh karena itu, sebaiknya orang tua mempersiapkan anaknya untuk menghadapi sekolah pertamanya. Bagaimana caranya?

Baca Juga

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah, dr Cynthia Rindang, SpA, mengatakan bagaimana cara menjelaskan apa itu sekolah pada si kecil, bisa dengan bermain pura-pura atau pretend play tentang berbagai hal menarik yang akan dilakukan di sekolah nantinya.

"Sebaiknya, orang tua juga menyempatkan diri untuk membawa anak ke sekolah yang menjadi pilihan keluarga, agar anak lebih mempunyai gambaran tentang situasi sekolah," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (23/7/2023).

Selain itu, menurut dr Cynthia, persiapan yang bisa orang tua lakukan di rumah sebelum tahun ajaran dimulai pun dapat diawali dengan melatih perkembangan bahasa, motorik dan sensori. Perihal ini tentunya disesuaikan dengan usia anak, mulai dari membangun keterampilan sederhana seperti melepas dan memakai sepatu, membereskan isi tas, membawa tas sendiri, dan sebagainya. Hal ini sangat membantu anak untuk bisa lebih mandiri di sekolah.

Bukan hanya itu, dokter Cynthia menyarankan agar orang tua mengasah kemampuan komunikasi dua arah dengan anak. Menurutnya, bisa memahami perintah sederhana juga sebaiknya dimiliki oleh si kecil untuk dapat bisa mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement