Senin 16 Feb 2015 20:02 WIB

Ibu, Ini Siasat Masak Cerdas Hemat Gas

Ibu memasak
Foto: sheknows.com
Ibu memasak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua ibu pasti tahu, salah satu sumber kebocoran keuangan seringkali datang dari dapur, boros gas tepatnya. Penggunaan gas untuk memasak dan keperluan dapur lainnya memang kerap tidak terasa.

Jangan khawatir, dikutip dari www.parentsindonesia.com ada siasatnya agar bisa lebih hemat.

Kompor terawat

Idealnya, api yang keluar dari kompor gas seharusnya berwarna biru jernih. Panas yang keluar dikatakan tidak maksimal jika api yang dihasilkan berwarna merah atau agak kuning. Pembakaran yang tidak maksimal inilah yang membuat gas menjadi boros. Bersihkan logam bulat tempat keluar api dengan menyikat bersih setiap lubang agar bebas sumbatan dan mencucinya. Bersihkan juga bagian ujung pipa di bawah burner.

Peralatan masak yang tepat

Selektif memilih bahan dasar peralatan masak Anda juga bisa menekan pengeluaran untuk membeli gas. Pilih alat masak dari bahan baja antikarat karena jenis baja ini adalah pengantar panas terbaik. Harganya memang lebih mahal dari aluminium dan enamel, tapi makanan menjadi lebih cepat matang dan pemakaian gas bisa lebih hemat.

Sesuaikan ukuran panci

Anda hanya ingin memanaskan seporsi kecil sop ayam? Hindari menggunakan panci berukuran besar. Kuncinya, semakin kecil ukuran alat masak Anda, semakin cepat pula makanan di dalamnya matang. Jadi kalau porsi yang ingin dimasak atau dipanaskan tidak terlalu banyak, gunakan juga alat masak berukuran kecil. Sisi plusnya, selain hemat gas, hemat minyak goreng juga, bukan?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement