Senin 16 Feb 2015 16:46 WIB

Kebiasaan yang Perlu Diajarkan kepada Anak Prasekolah

Preschool (Ilustrasi)
Preschool (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengajarkan kebiasaan baik kepada anak usia pra sekolah harus dimulai dari rumah. Mengajarkan kebiasaan baik kepada anak memiliki efek langsung dan tidak langsung dalam perkembangan emosianal, fisik, dan kognitif anak.

Kebiasaan baik yang diajarkan sejak dini akan terbawa sampai mereka dewasa. Berikut ini beberapa kebiasaan baik yang bisa Anda ajarkan seperti dikutip www.parentsindonesia.com.

Kebersihan

Anak usia prasekolah perlu diajarkan pentingnya kebersihan. Beritahu mereka keuntungan mandi dua kali sehari, menggunting kuku, cuci tangan sebelum makan, sikat gigi, dan kebersihan lainnya.

Kerapian

Kerapian adalah semua hal tentang lingkungan sekitar dan kondisi kehidupan. Adalah hal yang wajar jika barang-barang anak usia pra sekolah berantakan. Nah, itulah tugas Anda untuk mengajarkan kebiasaan rapi. Minta anak menjaga barang-barangnya tetap bersih dan ditata dengan baik.

Menghormati orang lain

Anak pra sekolah harus bisa menghormati orang lain. Hormat di sini bukan sekadar kepada orangtua tapi juga nenek, saudara, tetangga, dan teman-teman mereka. Perlu juga anak diajari menghargai semua makhluk hidup.

Tepat waktu

Anak-anak prasekolah perlu diajarkan tepat waktu sebagai persiapan sekolah. Jika tepat waktu diajarkan sejak dini, hal itu akan terbawa sampai mereka dewasa.

Kebiasaan tidur

Anak prasekolah perlu memiliki kebiasaan tidur yang baik. Beritahu bahwa terjaga sampai larut malam tidak baik bagi kesehatan mereka. Sebelum anak mengajaran kebiasaan tidur, tentunya Anda juga harus memiliki kebiasaan tidur yang sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement