Rabu 08 Oct 2014 18:00 WIB

Tiga Kebiasaan Konsisten yang Paling Penting Bagi Anak (3-Habis)

.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Teori parenting mengajarkan pentingnya orang tua menerapkan konsistensi dan rutinitas. Rutinitas akan membantu orang tua lebih tidak stres, karena tahu apa yang diharapkan dan bisa mengantisipasi apa yang terjadi dalam suatu hari. Banyak orang tua memulai rutinitas sejak anaknya lahir.

Rutinitas awal itu namun lebih berguna bagi orang tua ketimbang bayi. Mereka pasalnya akan tumbuh sembari memberi tahu orang tuanya apa yang dibutuhkan dan membentuk pola rutinitasnya sendiri. Saat bayi sudah membentuk pola makan dan tidur alaminya, orang tua cukup memasukkan pola itu dalam rutinitas yang cocok untuk seluruh keluarga.

Ketika anak mulai besar, rutinitas menjadi penting untuk perkembangannya. Rutinitas membantu anak mengembangkan rasa aman dan belajar berdisiplin. Juga membuat anak merasa nyaman.

Rutinitas juga membantu mencegah tantrum. Bila anak tahu, sehabis makan ia harus tidur, anak bisa mengantisipasi jadwalnya dan secara mental menyiapkan diri untuk menenangkan diri saat jam makan siang.

Pengasuh anak kemudian diharapkan mengikuti rutinitas tersebut. Bukan berarti harus sama persis waktunya. Tapi pengasuh harus mengupayakan agar rutinitas tersebut berjalan konsisten. Terutama di tiga area ini, yakni tidur, makan, dan disiplin, seperti dikutip dari laman Childcare About.

* Disiplin

Mendisiplinkan (atau tidak) oleh beberapa pengasuh bisa sangat membingungkan anak. Anak yang dibiarkan melakukan hal-hal tertentu oleh pengasuh tertentu dan tidak oleh yang lain, bisa dengan cepat belajar cara memanipulasi untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Orang tua perlu spesifik tentang metode disiplin mereka dan memastikan setiap pengasuh memahami metode tersebut. Komunikasi antara orang tua dan pengasuh anak adalah kunci dari disiplin yang efektif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement