Ahad 15 Feb 2015 10:15 WIB

Ada Ramen Berkuah Cokelat? Wah Seperti Apa?

Rep: MGROL32/ Red: Winda Destiana Putri
Ramen berkuah coklat
Foto: Rocketnews24
Ramen berkuah coklat

REPUBLIKA.CO.ID, JEPANG -- Siapa yang tidak kenal dengan ramen? Menu mie dengan kuah kental berwarna kemerahan ini selalu nampak pada restoran-restoran Jepang. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba atau shina soba karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mi.

Ramen merupakan rebusan mi hasil buatan tangan atau buatan mesin kemudian dimasukkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari pelbagai jenis kaldu. Pada umumnya chasiu, menma, dan irisan daun bawang ditambahkan di atas mi sebagai lauk atau penyedap rasa.

Namun kali ini, salah satu restoran di Jepang mengenalkan ramen dengan kuah coklat. Ramen ini diberinama Tsuke Ghana yang berasal dari ramen tsukemen gaya, yakni mie dan kuah disajikan secara terpisah. Cara makannya, Anda dapat mencelupkan mi ke dalam mangkuk kuah coklat tersebut.

Kuah coklat ini terbuat dari campuran coklat, susu, dan pasta kacang. Sebelumnya restoran ini pernah mengeluarkan ramen green tea. Ramen ini hanya tersedia selama bulan Februari di Shinjuku dan Kamata, Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement