Kamis 12 Feb 2015 18:41 WIB

Program Mindfulness Bantu Anak Terhindar dari Stres

Anak stres
Foto: education.more4kids.info
Anak stres

REPUBLIKA.CO.ID, Di zaman yang semakin kompetitif, kadang orang tua menaruh harapan tinggi dari anak-anaknya. Tak jarang, anak-anak sudah disibukkan berbagai aktivitas sejak usia dini. Hal ini bisa mengalami anak-anak mengalami tekanan. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk menghindari stres pada anak?

Tidak hanya orang dewasa yang mengalami stres. Sejumlah penelitian menemukan anak-anak juga mendapat banyak tekanan. Mulai dari terlalu banyak pekerjaan rumah, beban pelajaran, atau masalah dalam pergaulan.

Untuk mengatasi masalah ini, salah satu sekolah di Australia memiliki program relaksasi. Program yang diberi nama Mindfulness ini membantu anak-anak agar terhindar dari stres.

Mulai dengan meregangkan otot-otot sambil mendengarkan suara-suara,  mereka kemudian diajak untuk rileksasi dan melatih memusatkan pikiran. Dengan memusatkan pikiran, anak-anak bisa melepaskan kekhawatiran mereka sebelumnya.

“Ini membuat saya merasa lebih tenang saat istirahat makan siang, juga saat berlatih matematika dan pengejaan,” ujar salah satu murid.

“Tidak hanya membuat saya lebih tenang, tapi juga sadar berada sedang berada di masa sekarang dan tidak berpikir apa yang telah atau akan terjadi,” kata murid lainnya.

Program ini sebenarnya mencontoh apa yang sudah dilakukan di sejumlah perusahaan ternama, seperti Google dan Apple. Para karyawan diajak melakukan rileksasi, sehingga bisa fokus pada pekerjaannya.

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-02-12/program-mindfulness-bantu-anakanak-terhindar-dari-stress/1414717
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement