Rabu 11 Feb 2015 10:58 WIB

Ibu, Segera Ajarkan si Kecil Mandiri

Anak mandiri (Ilustrasi)
Anak mandiri (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak anak cenderung bergantung pada orangtuanya untuk mengambil semua keputusan. Tapi pada akhirnya setiap anak harus belajar mengambil keputusan secara mandiri.

Adalah tugas orangtua untuk menanamkan sikap mandiri pada anak. Ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini untuk membantu untuk anak merasa mandiri seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Jangan dimanjakan

Jangan memanjakan mereka. Dorong anak Anda untuk melakukan hal-hal seperti mengerjakan PR atau kegiatan lainnya secara mandiri. Hal ini Ini akan mengurangi ketergantungannya pada Anda, dan mendorong mereka untuk menyelesaikan pekerjaan mereka secara mandiri. Anak Anda harus tahu dasar-dasar seperti nama lengkapnya, alamat rumah, dan nomor telepon rumah.

Tingkatkan kepercayaan diri anak

Tingkat kepercayaan diri anak. Jika anak Anda tidak percaya diri dia akan selalu bergantung pada Anda bahkan untuk hal paling kecil. Ajarkan mereka bagaimana melakukan beberapa hal sendiri seperti menelpon sepupunya atau membeli roti dan mentega di toko dekat rumah.

Hindari overprotektif

Hindari sikap overprotektif. Biarkan anak Anda menyelesaikan masalahnya bersama teman-temannya di sekolah atau di rumah. Anda jangan ikut campur saat mereka sedang memecahkan masalahnya. Sikap overprotektif akan menghambat kemampuan anak dalam hal pengambilan keputusan.

Biarkan anak mengambil keputusan

Biarkan mereka membuat keputusan sendiri seperti apa baju apa yang ingin mereka pakai atau permainan apa yang ingin dimainkan. Saat anak tumbuh dia berhak diberikan kebebasan untuk memilih sesuatu diantara pilihan yang ada dan Anda hanya perlu membimbingnya jika diperlukan.

Buat mereka aman dan nyaman

Membuat mereka merasa aman dan nyaman saat berada di rumah. Anak harus memiliki keyakinan bahwa mereka dapat bergantung pada Anda saat mereka mengalami kesulitan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan pengambilan keputusannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement