Jumat 06 Feb 2015 18:01 WIB

Makanan Ini Jadi Sumber Kreativitas Steve Jobs

Beragam buah-buahan.
Foto: Indira Rezkisari/ROL
Beragam buah-buahan.

REPUBLIKA.CO.ID, Kreativitas seseorang dapat ditingkatkan salah satunya melalui asupan makanan. Berikut makanan yang dapat membantu meningkatkan kreativitas.

Buah-buahan

Pendiri Apple, Steve Jobs, pernah mengatakan, salah satu sumber kreativitasnya adalah asupan tinggi buah-buahan dalam menu makanan.  Terkait soal ini, penelitian membuktikan buah-buahan kaya dengan kandungan tirosin, yakni asam amino yang membantu mensintesis protein. Zat ini, kata para peneliti dari Universitas Leiden, dapat menjaga tubuh tetap bugar dan ini mempengaruhi kerja otak.

"Makanan dan suplemen yang mengandung tirosin, menyehatkan serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kita. Siswa-siswa yang sedang melaksanakan ujian dapat mendapatkan manfaat dari tirosin," kata psikolog kognitif Lorenza Colazato.

Saat penelitian, Colzato meminta partisipan melakukan dua hal berbeda, yakni mengonsumsi jus jeruk biasa dan jus jeruk dengan tambahan tirosin.  Dan hasil penelitian menunjukkan, partisipan mampu bekerja lebih baik setelah mengonsumsi jus jeruk dengan tambahan tirosin.

Coklat

Studi pada 2007 di Inggris mendapati fakta bahwa mengonsumsi coklat akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif jangka pendek karena dalam coklat ada asupan flavanol.  Dan berdasarkan studi dari Universitas Nottingham, flavanol diketahui bisa meningkatkan fungsi otak karena ada peningkatan kadar oksigen yang mengalir ke otak.

"Konsumsi akut makanan yang kaya flavanol berhubungan dengan peningkatan aliran bintik abu selama dua hingga tiga jam," kata salah satu peneliti Dr. Ian MacDonald.

Sekalipun jumlah flavanol dalam studi tak terdapat dalam coklat komersial, namun tidak masalah mengonsumsi makanan ringan berkokoa sebelum hari penting Anda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement