Rabu 04 Feb 2015 01:03 WIB

Pilot Terkunci dari Luar Kokpit, Pesawat ini Mendarat Darurat

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Delta Airline
Foto: Foxnews
Delta Airline

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Lagi-lagi dunia penerbangan dikejutkan oleh insiden unik. Kali ini giliran maskapai penerbangan Amerika Serikat Delta Airlines yang dilaporkan mendarat darurat di Las Vegas, pekan lalu.

Dilasir dari Foxnews, Rabu (4/2) pendaratan darurat penerbangan dari Minneapolis itu disebabkan co-pilot yang melapor bahwa pilot terkunci dari luar pintu kokpit. Alasan sang pilot kesulitan masuk ke dalam ruang kokpit tidak lain karena pintu bermasalah dan tidak bisa dibuka.

Juru bicara Bandara Internasional McCarran, Christine Crews memberi keterangan, pesawat MD-90 itu tidak mengalami kerusakan. Dari total 168 penumpang juga tidak ada yang terluka.

Adapun juru bicara Delta Lindsay McDuff juga menerangkan, pesawat komersial AS tersebut memang dapat mendarat hanya oleh satu pilot. Sebab semua kru pilot Delta telah dilatih untuk menghadapi beragam situasi darurat.

McDuff menambahkan, pintu kokpit tersebut sebetulnya berfungsi, kendati akan dievaluasi oleh teknisi pemeliharaan.

Pesawat menuju Las Vegas dan diarahkan ke gerbang reguler di McCarran sekitar pukul 12.30. Di mana 13 menit sebelumnya co-pilot telah menyatakan pesawat dalam keadaan darurat.

Kokpit atau Flight Deck merupakan ruangan khusus yang umumnya terletak di bagian depan pesawat. Di mana di dalamnya pilot harus mengendalikan pesawat terbang tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement