Senin 02 Feb 2015 10:47 WIB

Rangsang Kemampuan Kognitif Anak, Lakukan Aktivitas Ini

Bermain dapat merangsang kemampuan kognitif pada anak
Foto: Sheknows
Bermain dapat merangsang kemampuan kognitif pada anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu, indera anak harus selalu dirangsang agar mengalami pertumbuhan dengan baik. Anda juga harus selalu aktif mengontrol setiap perkembangan dari segala gerak-gerik mereka.

Dikutip dalam laman www.parentsindonesia.com, berikut beberapa aktivitas yang mampu meningkatkan kemampuan indera anak Anda.

Mencari suara

Biarkan bayi mencari tahu bahwa setiap benda bisa menghasilkan suara dengan memberinya benda seperti bel, tamborin, dan drum.

Menyentuh kain dengan tekstur berbeda

Suruh bayi Anda memegang selimut yang terbuat dari kain yang berbeda atau dengan pola yang berbeda. Dengan begitu dia akan dapat belajar membedakan barang hanya dengan melihat dan menyentuhnya.

Mengisi kotak mainan

Isi sebuah kotak ukuran sedang dengan benda dari bahan yang berbeda seperti besi, plastik, dan kayu. Kemudian biarkan si kecil menumpahkan isi kotak dan ketiga benda itu menghasilkan suara yang berbeda-beda. Dengan aktivitas ini anak akan tahu perdedaan ketiga benda itu.

Permainan sebab akibat

Buatlah permainan sebab akibat seperti mengisi wadah dengan air atau pasir kemudian menumpahkannya. Dia akan tahu kalau pasir atau air akan tumpah jika wadah tersebut dibalik.

Berburu harta karun

Sembunyikan benda di balik selimut dan minta bayi Anda mencarinya. Di usia ini bayi akan mampu menbayangkan bentuk sebuah benda, meskipun ada beberapa bagian yang hilang.

Mengenalkan pada tekstur

Berikan bayi Anda tumpukan pakaian berbeda bahan seperti linen, wool, katun, kulit, dan bahan pakaian lainnya. Biarkan dia mengeksplorasi perbedaan pakaian katun dan handuk, serta perbedaan jaket kulit dengan wool, antara sabuk kulit dan kain, antara sandal karet dan kanvas sneakers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement