Sabtu 31 Jan 2015 18:43 WIB

Alat Ini Bisa Digunakan Bantu Anak Dengarkan Orang Tuanya

Ibu dan anaknya.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ibu dan anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap anak akan melewati fase dalam tumbuh kembangnya. Salah satu fase tersebut adalah masa kemandirian. Anak yang memasuki masa ini seakan tidak membutuhkan orang tuanya. Mereka terkesan cuek dengan perintah orang tuanya dan memilih melakukan hal-hal sesuai apa yang ia pikir benar.

Anak usia 7-8 tahun mengalami peningkatan rasa pengendalian atas hidup mereka sendiri, dan lebih fokus pada dunia luar serta hal-hal menarik di sana, seperti sekolah, teman-teman, gaya, dan olahraga, lebih daripada sebelumnya, kata Mary Rourke, PhD, direktur psikologi sekolah di Widener University’s Institute for Graduate Clinical Psychology di Chester, Pennsylvania. Ketulian mereka yang pilih-pilih itu adalah satu cara menguji batasan kemandirian mereka yang sedang berkembang.

Ini juga merupakan metode untuk berurusan dengan tekanan baru dan tanggung jawab. “Anak-anak di usia ini menghabiskan sebagian besar waktu sekolahnya dengan mengikuti instruksi,” kata Carla Fick, PsyD, psikolog anak dan direktur klinis nonprofit Smart Love Family Services di Chicago.

Seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com, berikut beberapa trik mengajak anak untuk mau mendengarkan orang tuanya.

Menghindari pengulangan

Memanggil anak berulang-ulang akan membuat Anda sakit tenggorokan. Begitu juga dengan pengulangan yang tidak terbatas seperti “bersihkan barang-barangmu dari meja; makan malam hampir siap.” Dudukkan dirinya dan biarkan dia tahu bahwa Anda mau satu kali saja mengingatkannya, tapi dia harus menghadapi konsekuensinya jika tidak menanggapinya.

Misalnya, Anda bisa berkata, “Mama senang bisa hanya satu kali memintamu untuk memakai sepatu, tapi lebih dari itu, Mama akan ke mobil tanpamu.”

Pilihan lainnya adalah menggunakan timer dapur, saran Joseph Shrand, MD, instruktur psikiatri di Harvard Medical School. Katakan kepada anak, “Kita akan pasang timer selama tiga menit, lalu kamu harus berhenti menonton TV dan menyimpan pakaianmu.”

Tambah peringatan tiga menit ini dengan penghargaan: “Setelah kamu menyimpan pakaianmu, kamu boleh memakai komputer selama 15 menit sebelum tidur.” Jika dia masih tidak memerhatikan, langkah berikutnya adalah menyita TV sampai dia sendiri berniat untuk menjadi pendengar yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement